MENU TUTUP
Umumkan Penerima BPJS di Setiap Pustu

Zainal Arifin: Seharusnya Tidak Ada Lagi Masyarakat Miskin di Inhil yang Tidak Dapat BPJS Gratis

Selasa, 18 Februari 2020 | 01:32:02 WIB
Zainal Arifin: Seharusnya Tidak Ada Lagi Masyarakat Miskin di Inhil yang Tidak Dapat BPJS Gratis Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil, H Zainal Arifin, S.Km, M.Kes belum lama ini memastikan pengumuman penerima BPJS Gratis terpampang di setiap Pustu.

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) sejak beberapa waktu lalu sudah mengumukan secara terbuka daftar Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan.

Daftar para penerima BPJS gratis tersebut dipampang secara terbuka di setiap Puskesmas Pembantu (Pustu) diseluruh Desa di Kabupaten Inhil. Bahkan di beberapa titik, juga dipasang di tempat-tempat umum seperti pelabuhan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil, H Zainal Arifin, S.Km, M.Kes mengatakan langkah tersebut dilakukannya agar program pro rakyat miskin tersebut digulirkan secara transaparan dan bisa diawasi oleh semua pihak.

Dengan demikian, Zainal berharap program tersebut menjadi tepat sasaran dan tidak ada lagi warga miskin di Kabupaten Inhil yang tidak mendapatkan BPJS Gratis.

"Kita sudah umumkan secara terbuka di seluruh Pustu, bahkan juga di pelabuhan dan kantor lurah. Jika ada warga miskin yang tidak dapat segera lapor ke RT atau RW untuk diurus agar mendapat kartu BPJS yang ditanggung oleh pemerintah. Sebaliknya juga begitu jika ada orang yang mampu masuk dalam daftar ini tolong dilaporkan ke lurah agar dihapus," ujar Zainal belum lama ini.

Zainal menjelaskan saat ini penerima BPJS gratis yang ditanggung dari sharing dana APBD Provinsi Riau dan Kabupaten Inhil ada sekitar 145 ribu jiwa. Sedangkan peserta yang ditanggung dari dana APBN ada sekitar 182 Ribu.

Artinya ada sekitar 327 ribu jiwa masyarakat Inhil saat ini yang menikmati program BPJS gratis alias iurannya ditanggung oleh pemerintah. Dengan angka tersebut seyogianya tidak ada lagi masyarakat miskin di Inhil yang tidak mendapatkan BPJS gratis.

Untuk memastikan informasi penerima BPJS gratis benar-benar sampai ke masyarakat, Zainal juga memantau beberapa Pustu yang ada di seberang Tembilahan.

"Tadi kita tinjau untuk memastikan, di tiga Pustu kita yang ada di Seberang tembilahan, di Seberang Tembilahan Barat itu dipampang di Pustunya, Seberang Tembilahan Selatan di Pustu nya juga dan di seberang Tembilahan itu di pasar dan Kantor Lurah," jelas Zainal.

Terakhir Zainal berharap masyatakat yang belum memiliki kartu BPJS segera mengurus agar bisa digunakan ketika sakit. "Jangan ketika sakit baru sibuk mengurus kartu BPJS, ketika sehat ini lah diurus, artinya sedia payung sebelum hujan," tutup Zainal. (Ard)



Loading...

[ Ikuti Terus InhilKlik Melalui Media Sosial ]







InhilKlik.com
di Google+
Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
Loading...
TERPOPULER +
1

Hujan Diprediksi Guyur Riau di Puncak Arus Balik Hari Ini

2

Diisukan Maju Sebagai Cawabup Inhil Pada Pilkada 2024, Mas Mulyadi Beri Jawaban Begini

3

Melalui PT GIN, GAPKI Riau Berbagi Santunan Anak Yatim di Indragiri Hilir

4

Icon Plus Dukung PLN Riau dan Kepri dalam Penyediaan SPKLU Kendaraan Listrik

5

Khas Banjar Inhil, Kue Papari ini Bisa Jadi Pilihan Takjil Berbuka Puasa

6

Kemensos RI Berikan Bantuan Alat Kesenian dan Usaha Ekonomi Masyarakat Desa Sei Rejo

7

Kue Bahulu Barandam Khas Inhil Cocok Jadi Cemilan Berbuka Puasa