Ketua 234SC Inhil: Diskusi Tentang Nilai-nilai Pacasila Harus Digalakan

Rabu, 11 Oktober 2017

Ketua 234 Solidaritas Comunity (243SC) reginoal Kabupaten Indragiri Hilir, Raja Ferja Fahlevi, SH.

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia adalah sebuah harga mati yang harus tetap dijaga keutuhannya demi terus berlangsungnya keberadaan negara itu sendiri.

Berbagai ragam perbedaan yang ada di bumi Nusantara dari sabang sampai Merauke dengan berbagai suku etnis dan agama bisa hidup rukun dan harmonis karena semua terbingkai oleh nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila.

Sebagai mana yang diungkapkan Ketua 234 Solidaritas Comunity (243SC) reginoal Kabupaten Indragiri Hilir, Raja Ferja Fahlevi, SH saat berkunjung ke Tembilahan, Indragiri Hilir, Rabu (11/09/2017).

Lawatan tokoh muda Riau ini dalam rangka beberapa kegiatan 234SC Goes to Schol dan 234 Goes to Campus yang mengangkat tema tentang "Mengenal Pancasila Mengawal NKRI".

Baca juga: 234SC Inhil Gelar Goes to Schol di SMAN 1 Tembilahan Hulu

Dikatakan pria yang akrab disapa Levi itu, era reformasi dibarengi masuknya pengaruh globalisasi, nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan dan tujuan hidup bangsa seakan terlupakan.

Namun masyarakat utamanya generasi muda tidak menyadari bahwa hal itu sangat krusial untuk merusak pandangan serta tujuan bangsa. Dalam kehidupan sosial, masyarakat kehilangan kendali atas dirinya, akibatnya terjadi konflik-konflik yang pada akhirnya melemahkan sendi-sendi persatuan dan kesatuan bangsa.

"Sekarang ini sepertinya kita mudah sekali di adu domba oleh pihak yang tidak ingin kita ini menjadi negara kuat," ujar Levi.

Baca juga: Usai Goes to Schol, 234SC Inhil Goes to Campus ke UNISI Tembilahan

Untuk itu dikatakan Levi, perlu adanya kesadaran untuk mengatasi kemerosotan nilai pandangan dan tujuan bangsa ini guna memprkokoh jati diri bangsa Indonesia yang sesuai dengan Pancasila.

"Kita buat kegiatan diskusi-diskusi untuk menggali kembali nilai-nilai Pancasila agar itu menjadi karakter para generasi muda kita, harapan kita kegiatan-kegiatan seperti ini digalakan oleh semua pihak baik itu sekolah, organisasi, kampus-kampus, dan lembaga-lembaga lain," kata Levi. (Ard)