Video: Detik-detik Dahsyatnya Letusan Merapi dari Langit

Kamis, 24 Mei 2018 - 23:37:02 WIB
Video: Detik-detik Dahsyatnya Letusan Merapi dari Langit

INHILKLIK.COM, JAKARTA - Dalam beberapa jam terakhir telah dua letusan terjadi di kawah puncak Gunung Merapi di Provinsi Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Berdasarkan pengamatan petugas Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi, dua letusan masing-masing terjadi pukul 02.56 WIB dan 10.48 WIB, Kamis, 24 Mei 2018.

Letusan pertama cukup besar hingga kolom letusan mencapai enam kilometer. Sementara letusan kedua terjadi saat Merapi sedang ditutupi kabut, tinggi kolom letusan mencapai satu setengah kilometer. Kedua letusan diyakini masih bersifat letusan freatik.

Pada letusan pertama, petugas BPPTKG berhasil mengamati langsung detik-detik letusan terjadi. Bahkan, di puncak Merapi teramati muncul cahaya pijar berwarna merah, yang diketahui sebagai lava pijar yang keluar dari perut Merapi.

Pada letusan kedua, kondisi Merapi nyaris tak bisa terlihat karena saat itu Merapi tertutup kabut tebal. Hanya di Pos Pengamatan Selo, tampak asap putih menyembur tinggi dari kawah Merapi.

Meski tak terlihat secara visual dari pos-pos pengamatan. Tapi, ternyata ada seseorang yang berhasil mengabadikan detik-detik letusan kedua Merapi.

Letusan Gunung Merapi pukul 10.48 WIB, Kamis, 24 Mei 2018.

Hebatnya, letusan itu berhasil direkam dari ketinggian 31.000 kaki di udara. Letusan itu direkam seorang kru Pesawat AirAsia yang kebetulan terbang tak jauh dari Merapi.

Kru pesawat itu membagikan hasil rekamannya itu di akun Instagram pribadinya @dtimor, Kamis, 24 Mei 2018.

Dalam rekaman video kurang dari satu menit itu, terlihat dengan jelas detik-detik Merapi melontarkan material asap putih keabu-abuan sejauh 1.500 meter ke udara.

Yang paling memukau dari rekaman ini ialah, letusan freatik Merapi tampak seolah-olah menembus awan-awan putih yang ada di atasnya.

"Erupsi Gunung #Merapi pukul 11 siang ini, terekam dari atas kota Semarang, saat terbang di ketinggian 31.000 kaki. || Mt. #Merapi erupted at 11 AM LT this morning, video taken above Semarang city during flight at 31.000feet. (QZ.7552 || PK-AZF)"tulis dtimor.

Lihat rekaman video berikut ini:

 

 

Sumber: Viva.co.id