Tiga Heli Dikerahkan Padamkan Karhutla di Dumai dan Kandis

Ahad, 12 Agustus 2018

INHILKLIK.COM, PEKANBARU - Sebanyak tiga helikopter dikerahkan untuk memadamkan Kabakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi sejumlah titik di Riau. 

Ketiga heli tersebut, yakni dua jenis Kamov dan satu lagi jenis Bell 214. Ketiga helikopter ini diarahkan fokus melakukan pemadaman di daerah Dumai dan Sam Sam Kandis, Bengkalis. 

"Ada tiga heli dikerahkan hari ini. Ketiganya fokus melakukan pemadaman di Sam-Sam Kandis dan Dumai," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger, Ahad (12/8/18).

Menurut Sanger, fokus melakukan pemadaman di Dumai dan Sam Sam Kandis tersebut sesuai dengan hasil pengamatan patroli yang dilakukan tim Karhutla dari Satuan Tugas (Satgas) udara.

Meski begitu, Sanger mengakui jika dalam dua hari terakhir peningkatan jumlah hotspot di Rokan Hilir (Rohil) terus meningkat. Jika sehari sebelumnya terdapat 31 hotspot , hari ini bertambah menjadi 33 titik. Jumlah hotspot di Rohil jauh lebih banyak dibanding daerah lainnya termasuk Dumai yang hari ini hanya terpantau 1 titik saja.

"Tapikan kami yang lebih tahu dari hasil pemantauan patroli itukan. Kalau banyaknya iya Rohil, tapi itukan bukan indikator," ujar Sanger.

Disisi lain, Sanger juga mengatakan khusus hari ini, masih ada dua helikopter tak bisa diterbangkan. Pertama karena sedang dalam perawatan (maintenance). Kemudian satu lagi sedang libur (of crew).(mtr/mcr)