Pakai Turbo, SUV Glory 580 Lebih Efisien

Selasa, 14 Agustus 2018

i Indonesia saat ini banyak ditawarkan mobil dengan menggunakan mesin turbo. Kapasitas mesin turbo biasanya lebih kecil, namun tenaga yang dihasilkan justru lebih besar.

Salah satu produk mobil yang menggunakan mesin turbo adalah DFSK Glory 580. PT Sokonindo Automobile sebagai agen pemegang merek mobil DFSK, menjual sport utility vehicle bermesin 1.500 cc itu di pasar Indonesia.

Head of Product Planning Sokonindo Automobile, Ricky Humisar mengatakan, perangkat turbocharger pada Glory 580 tak hanya berfungsi sebagai pendongkrak tenaga, tetapi untuk mengoptimalkan kinerja mesin.

"Secara sederhana, motor bakar menghasilkan gas buang, yang kemudian dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin kompresor. Nantinya, kompresor memasok udara bertekanan ke ruang pembakaran. Sebelum masuk ke ruang bakar, udara diturunkan dulu suhunya menggunakan intercooler," ujarnya di Jakarta, Selasa 14 Agustus 2018.

Sementara itu, pemilik bengkel mobil balap Garden Speed, Taqwa Suryo Swasono mengatakan, penggunaan turbo untuk optimalisasi tenaga dan efisiensi bahan bakar, memang menjadi cara yang dilakukan oleh banyak produsen mobil.

"Turbo itu meningkatkan efisiensi," kata Taqwa. (viva.co.id)