Ciuman Bibir Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh & Otak Cerdas

Ahad, 16 September 2018

INHILKLIK.COM, JAKARTA - Tidak mesti berhubungan fisik, pasangan suami-istri merasakan banyak manfaat dari aktivitas berciuman bibir. Anda sudah membuktikannya?

Sering kali Anda berciuman untuk menyatakan kepedulian atau mencurahkan kasih sayang terhadap pasangan. Sementara pasangan juga akan menganggap ciuman tersebut memiliki arti yang lebih mendalam daripada apa yang Anda bayangkan.

Dalam sebuah hubungan, tentu Anda harus melakukan hal yang terbaik terhadap pasangan. Salah satu halnya dengan memberikan ciuman terbaik agar tidak membuat pasangan Anda kecewa.

Penelitian menunjukkan bahwa 59 persen pria dan 66 persen wanita mengaku kurang tertarik pada pasangan setelah ciuman pertama yang buruk. John Bohannon dari Butler University mensurvei 500 orang dan menemukan bahwa kebanyakan orang dapat mengingat hingga 90 persen dari rincian ciuman romantis pertama.

Lantas, seberapa penting berciuman dalam hubungan? Berikut ulasannya dari The List, Miggu (16/9/2018).

Berciuman Bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Menurut sebuah studi dari Organisasi Belanda untuk Riset Ilmiah, sebuah ciuman 10 detik akan mentransfer sebanyak 80 juta bakteri antara Anda dan pasangan. Jika kegiatan ini membuat Anda ingin lari ke kamar mandi untuk menyikat gigi, maka ini adalah salah besar.

Ternyata, eksposur kuman dapat memberikan dorongan sehat untuk sistem kekebalan tubuh Anda. "Menukar ludah berarti menukar kuman, dan itu adalah bentuk alami dari vaksinasi," tutur Dr. Yael Varnado, pendiri Get Checked 4 Life.

Guinness World Record dalam Hal Berciuman

Anda dapat berciuman selama berjam-jam tanpa istirahat. Tetapi bahkan sesi berciuman terpanjang di awal pacaran tidak dapat dibandingkan dengan Guinness World Record untuk ciuman terlama, yang ditetapkan selama kompetisi 2013 di Thailand.

Setelah berciuman selama 58 jam, 35 menit, dan 58 detik, Ekkachai dan Laksana Tiranarat adalah pasangan terakhir yang berhasil meraih kemenangan dan mendapatkan uang tunai serta hadiah.

Berciuman Baik untuk Kesehatan Gigi

Sivan Finkel yang memiliki spesialisasi dalam kedokteran gigi estetika dan umum di Dental Parlour di New York City mengatakan, peningkatan produksi air liur yang dihasilkan oleh ciuman dapat menjadi keuntungan bagi kesehatan mulut Anda.

"Berciuman menstimulasi kelenjar saliva dan air liur untuk membantu menyangga keasaman lingkungan mulut. Pembusukan gigi disebabkan oleh produk sampingan asam yang terbentuk ketika bakteri mulut memecah karbohidrat. Saliva relatif mendasar, sehingga peningkatan saliva membantu gigi kita melawan serangan asam dan mineralisasi,” kata Finkel.

Ciuman Pertama dalam Sejarah Film

Ciuman pertama dalam sejarah film dilakukan oleh May Irwin dan John Rice dari komedi Broadway, The Widow Jones. Difilmkan di studio Black Maria Thomas Edison di New Jersey, The Kiss dirilis pada 1896 saat mereka berciuman di depan umum. Klip berdurasi 23 detik itu dilarang dilihat oleh publik di banyak wilayah, bahkan pemimpin Gereja Katolik menyerukan ancaman.

Berciuman Merangsang Zat Kimia Positif pada Otak

“Manfaat utama berciuman untuk kesehatan fisik dan kebugaran adalah pelepasan oksitosin dan dopamin,” tutur Kaity Rodriguez, seorang pekerja sosial klinis berlisensi yang berbasis di New Jersey. 

Oksitosin adalah hormon pengikat yang dilepaskan ketika ibu menyusui bayi mereka, saat berhubungan seks, bahkan berpelukan. (inews)