Dokter Temukan Lebih dari Puluhan Belatung di Luka Bekas Tumor Seorang Nenek

Senin, 15 Oktober 2018

INHILKLIK.COM, JAKARTA - Dokter di Rumah Sakit Qilu, Universitas Shandong di Provinsi Shandong, Cina Timur, menemukan lebih dari 50 belatung yang masih merayap di luka bernanah di pipi seorang nenek berusia 97 tahun.

Dikutip dari The Sun, pensiunan yang tidak disebutkan namanya itu diduga mengalami luka di wajahnya karena kanker kulit yang diidapnya. Lukanya itu disebabkan oleh tumor yang sebelumnya pecah yang lama-kelamaan menjadi berlubang.

"Ada kemungkinan bahwa setelah tumor di wajahnya pecah, itu menjadikan jaringan lunak di dalamnya cukup untuk menyuburkan parasit," duga dokter yang menanganinya, dr Liu Chao.

dr Liu harus melakukan bedah mulut dan rahang atas. Ia dibantu dengan timnya harus membersihkan luka bernanah dari jaringan mati terlebih dahulu.

"Selama operasi pada 7 Oktober, kami menemukan lubang yang lebih besar di dalam wajahnya," ujar dr Liu.

"Kami juga membersihkan luka itu dengan sangat hati-hati, menggunakan mikroskop, tetapi ada kemungkinan bahwa banyak belatung yang lebih kecil masih tersisa," lanjutnya.

Wanita itu masih dalam pantauan intensif karena dikhawatirkan masih ada larva belatung yang tertinggal dan bisa menetas. dr Liu pun mengatakan belum pernah menemui kasus sejenis ini sebelumnya.

"Saya percaya situasinya disebabkan oleh kombinasi faktor-faktor lain. Ditambah usia tuanya dan ketidakmampuan tubuhnya untuk mengusir parasit," tutup dr Liu.