Lima Penyakit Kulit Langka, Ada yang Sampai Mengelupas

Ahad, 04 November 2018

INHILKLIK.COM, JAKARTA - Penyakit kulit memang sering ditemui. Namun, beberapa masalah pada kulit di bawah ini terlihat tak lazim dan sangat jarang ditemui. Apa saja?

1. Chromhidrosis

Orang dengan kondisi ini memiliki kelenjar keringat yang memproduksi terlalu banyak lipofuscin (pigmen dalam sel manusia) atau lipofuscin yang berbeda dari biasanya.

Akibatnya waran keringat bisa Kuning, hijau, biru, coklat, atau hitam. Keringat berwarna ini dapat muncul di ketiak, wajah, atau di lingkaran gelap sekitar puting.

2. Necrobiosis Lipoidica

Berupa bintik-bintik kecil, berwarna merah, timbul, yang menyerang bagian tulang kering.

Perlahan bintik tersebut tumbuh membesar melingkar menjadi sebuah patch.

Bagian luarnya berwarna merah dengan pusat mengkilap, kekuning-kuningan, dan terkadang tumbuh bisul yang kapan saja bisa pecah. Beberapa orang menyebut penyakit ini sebagai kanker kulit dan orang yang mengalami kondisi ini besar kemungkinan juga akan menderita diabetes.

3. Ichthyosis Epidermolitik

Bayi yang menderita penyakit terlahir dengan kondisi kulit bersisik berwarna merah, meradang, dan lecet.

4. Penyakit Morgellons

Orang yang menderita penyakit ini merasakan ada sesuatu yang merayap, menyengat, atau menggigit kulitnya. Penderita juga mengalami masalah dengan ingatan, suasana hati, dan konsentrasi.

Meskipun beberapa penelitian menunjukkan kemungkinan adanya kaitan dengan infeksi, banyak ilmuwan percaya penyakit ini ada hubungannya dengan masalah kesehatan mental.

5. Sindrom kulit mengelupas

Penyakit ini tidak menyakitkan, tetapi penderita sering merasa kulit gatal. Akibatnya kulit menjadi merah, kering, menipis, melepuh, hingga mengelupas.

Di dunia ini memang banyak penyakit aneh yang mungkin belum diketahui publik. Lima penyakit kulit di atas hanya sebagian kecil dari penyakit aneh yang ada.

 

sumber: himedik.com