3 Wakil Bupati di Riau Ini Akan dan Masih Kosong

Jumat, 08 Februari 2019

INHILKLIK.COM, PEKANBARU - 3 posisi wakil bupati di 3 kabupaten di Riau akan terjadi kekosongan. Ketiga kabupaten tersebut adalah Wakil Bupati Rokan Hulu, Wakil Bupati Kampar dan Wakil Bupati Siak.

Untuk Kampar dan Siak, memang saat ini masih dipimpin oleh Pelaksanan Tugas (Plt), dan belum bupati definitif. Namun, Catur Sugeng di Kampar akan segera dilantik pada 12 Februari 2019 ini. Setelahnya, Alfedri di Siak juga akan segera dilantik jadi bupati definitif.

Posisi wakil bupati yang sudah lama kosong terjadi Kabupaten Rokan Hulu (Rohul). Bupati saat ini, Sukiman bahkan telah dilantik menjadi bupati definitif pada 14 Februari 2018 lalu. Artinya, sudah hampir genap satu tahun posisi Wakil Bupati Rohul kosong.

Sukiman sendiri dalam kesempatan terakhir kepada bertuahpos.com mengatakan dirinya masih menunggu partai koalisi mengajukan nama-nama untuk menjadi wakilnya. "Kan ada 4 partai, Gerindra, Golkar, Hanura, Nasdem. Kita sudah meminta namanya," kata Sukiman.

Sementara itu, Kepala Biro Tata Pemerintahan (Tapem) Setda Provinsi Riau, Sudarman mengatakan sebaiknya partai koalisi segera mengajukan nama yang akan menjadi wakil bupati di tiga kabupaten tersebut. Hal ini, kata dia, agar tidak terjadi kekosongan wakil bupati untuk waktu yang lama.

"Kami sifatnya menunggu, yang memproses mereka. Prosesnya sama dengan Rohul dan Kampar. Silahkan partai pengusung yang lebih aktif supaya cepat dapat posisi wakilnya," pungkas Sudarman. (bpc)