Catatan Sejarah 14 Maret: Kepergian Bung Hatta

Kamis, 14 Maret 2019 - 23:11:57 WIB
Catatan Sejarah 14 Maret: Kepergian Bung Hatta

INHILKLIK.COM, PEKANBARU - Badan Bung Hatta itu kurus dan kecil. Namun, tekad dan semangatnya untuk Indonesia merdeka sangat besar.

Bahkan, Bung Hatta bersumpah tak akan menikah sebelum Indonesia merdeka. Sumpah itu dipenuhinya, dan Bung Hatta baru menikah pada 18 November 1945. Umur Bung Hatta waktu itu 43 tahun.

Waktu berlalu, Bung Hatta mundur dari posisi Wakil Presiden. Namun, kepeduliannya terhadap bangsa tak berkurang. Di usia yang tak muda lagi, Bung Hatta masih semangat mengisi kuliah umum di perguruan tinggi.

Tak sampai disitu, Bung Hatta juga ikut menandatangani Petisi 50, yang merupakan kritikannya kepada Soeharto yang dinilainya menyimpang dalam mengartikan Pancasila. Saat itu, Soeharto memang sedang kuat-kuatnya, sehingga berani mengkritiknya sama saja dengan mengkritik Pancasila. Namun, menghadapi kritik Bung Hatta, Soeharto tak berani berbuat banyak.

Usia Bung Hatta semakin lanjut. 13 Maret 1980, kondisi fisiknya tiba-tiba merosot. Bung Hatta segera dilarikan ke RS Cipto Mangunkusomo. Esoknya, atau pada 14 Maret 1980, Bung Hatta akhirnya berpulang di usia 77 tahun.

Bung Hatta dalam surat wasiatnya tak ingin dikuburkan di tempat yang istimewa. Dia ingin jasadnya dikuburkan di kuburan rakyat biasa. Akhirnya, jasad Bung Hatta dikuburkan di Pemakaman Umum Tanah Kusir, Jakarta.