Puskesmas Pulau Kijang Peringati Hari TB Sedunia

Senin, 25 Maret 2019

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Dalam Rangka Memperingati Hari TB Sedunia, UPT. Puskesmas Pulau Kijang mengadakan serangkaian kegiatan dengan Tema ” Selamatkan Generasi Milenial Bebas Tuberkulosis “, Minggu (24/03/2019).

Kegiatan yang digelar di Kantor Puskesmas Pulau Kijang, dihadiri oleh Sekretaris Camat Reteh Arbani, Kepala Puskesmas Pulau Kijang Mustakim, SKM, dr.Riska, Tenaga Promkes Nur Syamsuryani, SKM, Masyarakat setempat, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk lebih mengenalkan tentang bahaya penularan penyakit Tuberkulosis yang mengancam generasi milenial bila kita tidak memutuskan mata rantai penularan dari sekarang. 

Adapun serangkaian kegiatan yang dilaksanakan adalah jalan santai, senam etika batuk dan senam sehat, pembagian leaflet TB, Screening kesehatan paru-paru (khususnya TBC), donor darah, pembagian doorprice dan pembagian sembako untuk pasien TB.

Ketua pelaksana dr. Riska menjelaskan dalam perayaan hari TB ini pihaknya memberikan informasi tentang bahaya penyakit TBC dan cara penularan. 

“Batuk lebih dari 2 minggu saja itu sudah kita katagorikan sebagai suspek TBC (Curiga TBC). Untuk itu masyarakat harus berobat ke Puskesmas, karena harus kita lakukan cek dahak dan pemeriksaan. Satu pasien TBC bisa menularkan 10 orang disekitarnya, jadi oleh karena itu kita harus bergerak cepat dalam memutuskan mata rantai penularan TBC ini dan kepedulian masyarakat yang sangat kami perlukan ” jelas dr Riska.

Sementara itu Kepala Upt. Puskesmas Pulau Kijang Mustakim, SKM menyampaikan kegiatan itu dilaksanakan karena di daerah Reteh pihaknya menemukan banyak kasus TBC. 

Dikatakannya, perayaan hari TB ini merupakan puncak kegiatan dari kegiatan-kegiatan yang ldiakukan dalam penanganan kasus TBC. 

“Di Puskesmas kami punya banyak kegiatan yang mendukung kegiatan program TBC, seperti ketuk pintu pasien TBC, pelacakan pasien putus obat, Kader TBC, Edukasi Gizi dan pemberian makanan tambahan.,” ujar Mustakim.

Pada hari perayaan TB kali ini Mustakim berharap masyarakat lebih mengerti gejala penyakit TBC dan mau berobat ke Puskesmas.

 “kami berharap lintas sektor juga ikut serta membantu kami dalam meningkatkan pencegahan dan penemuan Pasien TBC ,” ujar Mustakim.

Selanjutnya Sekretaris Camat Reteh Arbani pihaknya sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi kesehatan masyarakat.

“Tentunya kami akan selalu membantu. Saya juga melihat antusias masyarakat juga sangat tinggi, saya berharap kegiatan ini tidak hanya berhenti pada hari ini tapi dapat berlangsung terus untuk meningkatkan pelayanan pada penanganan kasus TBC ini.” Ujar Arbani.

Semoga dengan adanya Kegiatan Memperingati Hari TB, masyarakat bebas Penyakit TB khususnya Generasi Milenial. Salam TOSS TB (Temukan Obati Sampai Sembuh). (adv)