Inhil Daerah Dengan Tingkat Pelayanan Listrik Terendah di Riau

Ahad, 31 Maret 2019

Foto Ilustrasi (Internet)

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Masih banyak desa dan kelurahan di Kabupaten Inhil, Riau, belum teraliri listrik.

Berdasarkan data elektrifikasi dari Pemprov Riau, total Ratio Elektrifikasi (RE) di provinsi ini sudah 95,92 persen, hingga Desember 2018 lalu. Namun masih ada sebanyak 74 dari 1.859 desa dan kelurahan, belum teraliri listrik, didominasi oleh desa dan kelurahan di Kabupaten Inhil.

Inhil merupakan daerah dengan tingkat pelayanan listrik terendah, yakni baru mencapai 77,64 persen dari 236 desa dan kelurahan. Sedangkan daerah lain seperti Dumai, Kuansing, Pekanbaru, sudah teraliri listrik 100 persen. 
 
Masih ada daerah lain seperti Rohil, Kabupaten Kepulauan Meranti dan Pelalawan yang belum tuntas elektrifikasi 100 persen, namun jumlahnya tidak sebanyak Inhil. Soal elektrifikasi ini juga sempat disinggung Gubernur Riau dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD di Pekanbaru, Kamis, 28 Maret 2019. 

"Kebutuhan energi listrik di Provinsi Riau semakin tinggi seiring dengan peningkatan jumlah penduduk dan perkembangan sektor industri. Nah, di Kabupaten Inhil memang paling rendah pelayanan listriknya," kata Syamsuar.

Menaggapi ini, Kepala Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Provinsi Riau, Indra Agus Lukman mengatakan, tidak ada sikap membeda-bedakan antara satu daerah dengan daerah lain dalam hal program elektrifikasi, termasuk di Kabupaten Inhil.

Dijelaskan, soal masih banyaknya desa dan kelurahan yang belum dialiri listrik di kabupaten itu lantaran memang geografisnya lebih sulit jika dibandingkan dengan daerah-daerah lain di Provinsi Riau.

"Untuk memasukkan tiang listrik saja harus lewat sungai. Tiang-tiang beton itu diikat dengan drum kosong baru ditarik di dalam air. Itupun kalau air pasang. Kalau air surut, terpaksalah istirahat dulu, nunggu air pasang. Begitulah kondisinya. Karena masalah geografis saja," ujar Indra.

Indra menambahkan dalam waktu dekat dari 74 desa dan kelurahan yang belum teraliri listrik dalam waktu dekat akan diresmikan 30 desa oleh gubernur Riau. Artinya, hanya tinggal 44 desa lagi di Riau yang belum teraliri listrik, terbanyak masih di Kabupaten Inhil, Riau. (ard/bpc)