Pemburu Badak Tewas Diinjak Gajah, Tubuhnya Dimangsa Kawanan Singa

Selasa, 09 April 2019 - 23:20:01 WIB
Pemburu Badak Tewas Diinjak Gajah, Tubuhnya Dimangsa Kawanan Singa

INHILKLIK.COM, AFRIKA SELATAN - Seseorang yang diduga pemburu liar tewas diinjak gajah kemudian dimangsa sekawanan singa di Taman Nasional Kruger, Afrika Selatan.

Laporan ini mengemuka setelah rekan terduga pemburu tersebut memberitahu kepada keluarga yang bersangkutan. Pihak keluarga lantas menginformasikannya kepada penjaga taman nasional.

Sekelompok orang lalu dikerahkan guna mencari jasad pria tersebut. Yang mereka temukan pada Kamis (4/4) adalah tengkorak manusia dan celana.

Otoritas Taman Nasional Afrika Selatan menyebut pria yang tewas serta kaki tangannya memasuki Taman Nasional Kruger untuk berburu badak pada 2 April lalu.

Keluarga pria itu, yang diyakini diinjak-injak sampai mati oleh gajah, menghubungi penjaga yang kemudian mengatur pencarian lewat udara dan darat keesokan harinya. Mereka berhasil menangkap empat kaki tangan pria itu.

Namun, karena hari telah malam, mereka tidak berhasil menemukan mayat pria itu dan menlanjutkan pencarian hingga Kamis (4/4).

"Selama pencarian inilah jasad mayat pemburu itu ditemukan," ungkap pihak Taman Nasional Afrika Selatan, dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip ABC News.

"Indikasi yang ditemukan di tempat kejadian menunjukkan bahwa kawanan singa melahap jenazah sang pemburu dan hanya menyisakan tengkorak manusia dan sepasang celana."

Pihak pengelola taman nasional menyampaikan ucapan duka cita kepada keluarga mendiang.

"Memasuki Taman Nasional Kruger secara ilegal dan berjalan kaki tidak bijaksana. Banyak bahaya dan insiden ini adalah buktinya," ujar pihak pengelola, seperti dilaporkan BBC.

Ini bukan kali pertama seorang tersangka pemburu menjadi korban dari mangsa mereka di Taman Nasional Kruger. Tahun lalu, kawanan singa membunuh dan melahap seorang pria yang diduga berburu binatang di taman itu, hanya menyisakan kepala dan beberapa bagian tubuhnya.

Gajah di cagar alam ini juga dikenal bereaksi keras terhadap keberadaan manusia. Pada 2014, sebuah rekaman menunjukan seekor gajah menjungkirbalikkan mobil dan membuat seorang perempuanmengalami luka berat ketika salah satu gading gajah itu merobek pahanya.

Taman Nasional Kruger, salah satu cagar alam terbesar di Afrika, terkenal dengan kepadatan hewan liar yang tinggi, termasuk singa, macan tutul, badak, dan gajah. Taman nasional ini juga didera masalah perburuan liar satwa-satwa yang dilindungi di tengah peningkatan permintaan cula badak di negara-negara Asia.

Pada Sabtu (6/4), aparat Bandara Hong Kong menyita cula badak selundupan dalam jumlah terbanyak selama lima tahun terakhir. Nilainya diyakini mencapai 2,1 juta miliar dolar AS atau Rp29,6 miliar. (Inews)