Bupati Tekankan Seluruh OPD Miliki Data Base

Jumat, 03 Mei 2019

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan, menekankan agar seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) memiliki data base pembangunan. 

Dengan demikian dalam 5 tahun kedepan pihaknya dapat menyelesaikan pekerjaan tahap demi tahap sesuai dengan kemampuan keuangan yang dimiliki oleh daerah.

"Kalau tidak punya data base bagai mana kita mau menyelesaikan pekerjaan,"kata Bupati Inhil HM Wardan, saat memimpin pembahasan penyempurnaan RPJMD Renstra dan Pohon Kinerja, Senin (29/4).

Dicontohkan Bupati, Dinas Pekerjaan Umum (PU) yang harus memiliki data base kondisi jalan rusak berat, rusak ringan dan rusak sedang. Maka dari itu, data base tersebut akan menjadi buku saku.

"Tentunya akan memudahkan kita dan dalam merencanakan pembangunan. Artinya akan ada tolak ukur sebuah pekerjaan itu,"papar Bupati. 

Oleh karena itu para OPD yang hadir pada saat itu diminta benar-benar fokus dan mampu mengangkat seluruh persoalan dari akar yang paling bawah serta kemudian mengintegrasikannya antar lembaga.

"Kita ingin target pekerjaan tercapai, sehingga.terwujudnya tata kelola Pemerintah Daerah (Pemda) yang baik, akuntabel dan transparan,"tegasnya.

Hal yang sama juga dikatakan Wakil Bupati (Wabup) Inhil H Syamsuddin Uti. Merespon keinginan Bupati, Wabup ingin sebuah pekerjaan menjadi tolak ukur dalam 5 tahun kedepan. Terutama dimasa priode Wardan dan Syamsuddin Uti. 

"Apa yang disampaikan pak Bupati, kita tadi sudah sangat tepat. Artinya kami ingin seluruh OPD, Asisten dan jajaran memahaminya,"pangkas mantan Ketua KONI Inhil ini.

Dengan memperhatikan beberapa hal tersebut diatas, maka Wabup sangat optimis untuk 5 tahun visi dan misi Kabupaten Inhil 2018-2023 akan dapat diselesaikan secara baik sesuai harapan.

Dalam pembahasan penyempurnaan RPJMD Renstra, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhil menghadirkan nara sumber yang sangat berkompeten di tinggal Nasional.

Diantaranya, Kasubdit Perencanaan dan Evaluasi Wilayah Sumatera Ditjen Bengda Kemendagri RI, Bagus  Herbowo. ST dan Ditjen Bengda Kemendagri RI Dodi Alfianto serta seluruh OPD dilingkungan Pemkab Inhil untuk memaparkan Pohon Kinerja.