Minta Spanduk Ucapan Selamat Diturunkan

Senin, 06 Mei 2019 - 23:39:34 WIB

INHILKLIK.COM,  PEKANBARU - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Riau meminta agar seluruh pihak menahan diri dan menunggu hasil perhitungan resmi Komisi Pemilihan Umum (Pemilu). Permintaan itu disampaikan setelah maraknya pemasangan spanduk ucapan selamat kepada peserta Pemilu dipasang di tempat-tempat umum.

Permintaan itu disampaikan Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan kepada Riau Pos, Ahad (5/5). Ia mengatakan, sebelumnya Bawaslu RI telah memberikan arahan agar Bawaslu di daerah agar menyurati tim maupun partai politik untuk tidak memasang ucapan selamat.

“Jadi kami sudah menyurati seluruh pihak terkait seperti Tim Kampanye Daerah (TKD) Riau dan Badan Pemenangan Provinsi (BPP) Riau termasuk partai politik. Agar tidak memasang ucapan selamat. Baik berupa baliho, papan bunga, spanduk atau di reklame lainnya,” sebut Rusidi.

Dikatakan dia, saat ini proses penghitungan serta rekapitulasi tengah berlangsung di tingkat kabupaten/kota. Bahkan di beberapa daerah ada juga yang masih menghitung perolehan suara di tingkat kecamatan. Maka, sudah sepatutnya seluruh pihak bisa menahan diri dan berpatokan kepada hasil resmi KPU.

“Silakan kita tunggu dan kawal bersama hasil penghitungan di KPU. Saya berharap tidak ada pihak yang mendahului bahkan membuat prediksi yang tidak memiliki dasar. Karena yang resmi itu adalah dari KPU. Bila menemukan kecurangan silahkan laporkan. Tidak ada yang ditutupi, semua saya jamin sangat transparan,” tegasnya dikutip inhilklik.com dari laman riaupos.