Akibat Asap Beracun, Malaysia Liburkan Ratusan Sekolah

Selasa, 25 Juni 2019

INHILKLIK.COM, MALAYSIA - Pemerintah Malaysia terpaksa mengambil kebijakan dengan meliburkan ratusan sekolah di sana. Hal itu akibat udaranya terpapar asap beracun, dan sudah puluhan orang jatuh sakit. Asap itu berasal dari pabrik kimia.

Ini merupakan insiden serius kedua yang melibatkan gas beracun di distrik Pasir Gudang, negara bagian Johor dalam tiga bulan. Sebelumnya pada Maret lalu, ribuan orang mengalami sesak nafas, sakit dada dan muntah-muntah setelah sekitar 40 ton limbah kimia dibuang secara ilegal di sungai.

Warga setempat awalnya melihat kepulan asap di kawasan industri akhir pekan lalu dan banyak orang, termasuk anak-anak sekolah, mulai muntah-muntah dan mengalami kesulitan bernapas.

Menteri Besar Johor, Sahruddin Jamal mengatakan seperti dikutip kantor berita Malaysia, Bernama dan dilansir AFP, Selasa (25/6/2019), sejauh ini 75 orang telah dibawa ke rumah sakit untuk dirawat.

Otoritas setempat telah memerintahkan penutupan keseluruhan 475 institusi pendidikan di wilayah tersebut, termasuk 111 sekolah negeri, 14 sekolah swasta dan 347 Taman Kanak-kanak (TK). Sekolah-sekolah tersebut diliburkan hingga Kamis (27/6) mendatang. 

Sejauh ini belum jelas apa yang menyebabkan polusi udara terbaru ini. Sahruddin mengatakan, otoritas tengah menyelidiki 30 pabrik kimia di wilayah tersebut. Perdana Menteri Mahathir Mohamad menegaskan akan menindak mereka yang bertanggung jawab atas insiden ini.

"Sepertinya ada pabrik-pabrik yang tidak terlalu peduli dengan keselamatan," katanya. "Kita harus mengidentifikasi mereka yang bertanggung jawab atas pencemaran dan mengambil tindakan tegas terhadap mereka," imbuhnya.