Pria ini Buta Gara-gara Pakai Lensa Kontak Saat Mandi

Sabtu, 13 Juli 2019

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Penggunaan lensa kontak memang memudahkan dalam membantu penglihatan. Tak hanya itu, menggunakan lensa kontak juga bisa menyempurnakan penampilan. 

Dikutip dari viva.co.id, namun hal ini bisa menjadi berbahaya ketika lupa untuk melepasnya saat tidur dan juga saat mandi.

Hal inilah yang terjadi pada seorang pria bernama Nick Humphreys.

Ia mulai memakai lensa kontak untuk meningkatkan penglihatannya saat bermain sepakbola. Tetapi lensa kontak itu akhirnya membuatnya buta di satu mata saat ia menggunakannya saat mandi. Hal ini menyebabkan munculnya Acanthamoeba keratitis (AK)- infeksi parasit langka di kornea kanannya.

"Pada pagi hari saya bangun, pasang lensa saya dan pergi ke gym sebelum bekerja. Saya juga mandi sebelum menuju ke kantor. Saya tidak memikirkannya saat itu. Saya tidak pernah diberitahu untuk tidak memakai lensa kontak di kamar mandi, tidak ada peringatan pada kemasan dan ahli kacamata saya tidak pernah menyebutkan risikonya," kata Nick seperti dilansir Metro.co.uk

Liputan6.com

Nick hanya menyadari ada sesuatu yang salah pada Januari 2018, ketika dia melihat goresan di mata kanannya. Pada hari berikutnya ia tidak dapat melihat dengan sempurna.

Ia mengira dia telah menggaruk matanya dengan memasukkan lensa, tetapi seiring berjalannya waktu, setelah beberapa minggu, kerusakan matanya justru semakin serius.

Ketika itu tidak membaik, dia pergi menemui ahli kacamata, yang mengatakan dia memiliki bisul di matanya dan menyarankan untuk segera pergi ke Rumah Sakit Royal Shrewsbury.

Nick kemudian diuji untuk Acanthamoeba keratitis (AK)  atau infeksi kornea yang disebabkan oleh organisme mikroskopis bernama Acanthamoeba. Seminggu kemudian, dokter memberi tahu Nick bahwa dinyatakan positif mengidap AK, dan membuat matanya buta.

Sebagai informasi, Acanthamoeba adalah nama organisme kecil dengan hanya satu sel. Keratitis adalah nama untuk peradangan pada kornea. Acanthamoeba biasanya ditemukan di tanah dan di air, misalnya di air keran panas dan dingin, kolam renang, bak air panas dan air laut.

Di Inggris, kebanyakan orang yang menderita keratitis Acanthamoeba memakai lensa kontak. Sekitar 1 dari 30.000 pemakai lensa kontak terinfeksi karena menggunakan air keran untuk membersihkan atau menyimpan lensa kontak atau memiliki kebersihan lensa kontak yang buruk meningkatkan risiko infeksi.

Mengenakan lensa kontak saat berenang atau mandi juga meningkatkan risiko. Begitu juga memasukkan lensa dengan tangan basah dari air keran.