Khutbah Jumat: Kekuatan Perjuangan Itu Tak Hanya Soal Senjata

Jumat, 09 Agustus 2019

INHILKLIK.COM, PEKANBARU - Kekuatan umat muslim dalam peperangan tidak hanya bergantung kepada senjata. Ada kekuatan lain, yakni doa dan keyakinan kepada Allah SWT.

"Dan itu sudah dibuktikan oleh pejuang-pejuang kemerdekaan Indonesia 74 tahun yang lalu. Penjajah yang kejam memiliki persenjataan yang modern. Namun, pejuang kita, bahkan hanya dengan senjata bambu runcing, bisa mengusir penjajah," ujar khatib salat jumat di Masjid Baitul Makmur, Jumat 9 Agustus 2019.

Jika hanya mengandalkan bambu runcing, maka tidak mungkin bisa mengusir penjajah dengan senjata modern. Ada kekuatan lain yang ikut campur, yakni rahmat Allah SWT.

"Karena dengan rahmat Allah, kita bisa meraih kemerdekaan itu. Sekarang, tugas kita untuk mensyukuri dan melanjutkan perjuangan itu demi kemakmuran bangsa dan negara," sambung sang khatib.

Sejarawan barat bernama Philip K Hitti juga mencatat bahwa persenjataan ataupun organisasi tentara bukanlah kekuatan utama orang muslim. Namun, orang muslim mempunyai semangat moral dan agama yang tinggi.

"Dalam hal ini, agama dipastikan telah memainkan peran penting membentuk daya tahan mereka," tulis Philip.  (bpc)