Dinkes Inhil Gelar Sosialisasi Gerakan Nasional Bude Jamu

Senin, 19 Agustus 2019

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir menggelar Sosialisasi Gerakan Nasional Bugar dengan Jamu (Bude Jamu) bagi tenaga kesehatan di Puskesmas se-Kab.Inhil, senin (19/08/2019) yang dipusatkan di Aula Hotel Inhil Pratama (IP).

Kepala Seksi Kefarmasian dan Alat Kesehatan Dinas Kesehatan Irdawati, SKM, M.M selaku ketua pelaksana dalam laporannya mengungkapkan tujuan dari acara ini adalah meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan tenaga kesehatan dalam pengawasan dan pembinaan obat tradisional yg memenuhi persyaratan keamanan, mutu dan khasiat.

Lebih lanjut Irdawati menjelaskan Dinas Kesehatan Kab. Inhil mendukung dan mendorong Gernas Bude Jamu untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran masyarakat. Jamu meliputi spectrum yang luas mulai dari minuman jamu seperti beras kencur, kunyit asem, sampai dengan sediaan jamu untuk pengobatan. Jamu yang berkhasiat meningkatkan kebugaran akan terus dikampanyekan pemanfaatannya untuk peningkatan kesehatan, sementara jamu yang diklaim dapat mengobati penyakit, tentunya harus melalui uji klinik yang benar.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan H. Zainal Arifin, SKM, M.Kes dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Kesehatan Ns. Eddi Chandra, S.Kep M.M mengatakan Pemerintah berupaya melindungi masyarakat dari peredaran obat traditional yang tidak memenuhi persyaratan keamanan, mutu dan manfaat, sekaligus pengembangan Usaha Jamu Gendong (UJG) dan Usaha Jamu Racikan (UJR). Gerakan Nasional Bugar dengan Jamu (Bude Jamu) merupakan tindak lanjut dan operasionalisasi dari komitmen kita bangsa Indonesia untuk mengangkat jamu menjadi tuan rumah di Negeri sendiri.

“Saat ini jamu tidak lagi dianggap sebagai minuman masyarakat kelas menengah kebawah, namun telah mengalami revolusi baik dari sisi bentuk, sediaan maupun manfaatnya”, ungkap Eddi Chandra

Lebih lanjut beliau mengatakan jamu tidak lagi sebagai stigma negatif yang dikenal masyarakat berupa bahan yang diproduksi secara sederhana dan pahit rasanya. Namun saat ini jamu dapat dinikmati semua kalangan dalam bentuk sediaan yang sangat praktis, enak, berkhasiat dan merupakan bagian dari gaya hidup.

“Ikuti acara ini dengan penuh semangat dan tekun, sehingga apa yang ingin kita capai sesuai dengan yang kita harapkan untuk membangun masyarakat Indonesia sehat”, harapnya. (adv)