Kulit Pisang Bisa Mencegah Penyakit Kangker dan Diabetes, Benarkah?

Kamis, 12 September 2019 - 23:45:38 WIB
Kulit Pisang Bisa Mencegah Penyakit Kangker dan Diabetes, Benarkah?

INHILKLIK.COM, PEKANBARU - Pisang merupakan buah yang banyak di budidayakan di kawasan yang memiliki iklim panas dan lembab seperti di Indonesia. Biasanya orang mengolah buah pisang menjadi makanan lain ataupun memakan daging nya begitu saja.

Tetapi tidak dengan kulit pisang. Karena kulit pisang tersebut terasa sepat ketika dimakan, orang-orang langsung mengira kulit pisang itu tidak bisa dimakan lalu membuangnya. Meski tampak tidak berguna, ternyata kulit pisang memiliki kandungan nutrisi yang bisa dimanfaatkan tubuh.

Sebuah penelitian tahun 2011 yang diterbitkan dalam Applied Biochemistry and Biotechnology menemukan bahwa kulit pisang mengandung banyak antioksidan seperti karotenoid dan polifenol. Jika dikonsumsi, kedua antioksidan ini membantu mencegah diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

Walau begitu orang tidak bisa memakan kulit pisang begitu saja. Jadi cara yang dicoba adalah, dengan mencuci kulit bagian luar hingga bersih lalu potong kedua bagian ujungnya, kemudian mencampurkannya ke dalam jus buah yang di blender hingga halus.

Bahkan kulit pisang bisa untuk menyembuhkan luka dan mengatasi jerawat. Tinggal haluskan kulit pisang kemudian bubuhkan pada jerawat agar mengurangi radang, dan pada luka agar mempercepat penutupan luka.

Jadi jika kamu ingin memaksimalkan potensi dari buah pisang. Makan juga kulitnya.

 

 

bertuahpos.com