RSUD Petala Bumi Permudah Masyarakat untuk Berobat Akibat Kabut Asap

Sabtu, 21 September 2019

INHILKLIK.COM, PEKANBARU - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Petala Bumi memberikan kemudahan bagi masyarakat yang terkena dampak kabut asap untuk berobat.

Direktur RSUD Petala Bumi, Eka Yulia Ningsih, menjelaskan bahwa pihaknya telah memberikan pelayanan sebaik mungkin bagi masyarakat yang hendak berobat apalagi penyakit yang disebabkan oleh paparan kabut asap.

"Sejak awal Agustus kami sudah buka posko pelayanan kesehatan, baik melalui jalur pendaftaran bahkan dari UGD," ujarnya.

Eka Yuliana menjelaskan, bagi masyarakat yang merasa terganggu kesehatannya akibat kabut asap, akan diberikan pengobatan secara gratis.

"Datang saja kesini, nanti kita layani tanpa memungut uang pengobatan," katanya.

Salah seorang warga Pekanbaru yang berobat ke RSUD Petala Bumi, Kinah, menjelaskan bahwa putranya yang berusia delapan bulan telah tiga hari dirawat di rumah sakit ini.

Ia mengatakan, putranya dirawat karena sesak nafas dan terlihat lemas karena paparan kabut asap yang semakin pekat di Kota Pekanbaru.

"Kami sudah tiga hari di sini, anak saya Darisa Ibyan masih berumur delapan bulan," ujarnya.

Kinah mengaku, awalnya Ia membawa putranya ke puskesmas terdekat, namun dari puskesmas dirujuk ke rumah sakit umum.

Ia menambahkan, selama berobat anaknya, Kinah tidak mengeluarkan uang sepeserpun untuk pengobatan. Ia juga mengaku senang karena pihak rumah sakit memberikan edukasi kepadanya terkait pertolongan pertama terhadap korban yang terkena dampak kabut asap.

"Alhamdulillah senang, kita diedukasi ini itu, dijelaskan ini itu, perawatnya ramah dalam melayani kami," kata Kinah.

Hal yang sama juga dirasakan, Fitri, Ia berobat ke RSUD Petala Bumi karena merasa sulit untuk bernafas disertai demam tinggi.

Fitri mengaku telah merasa kondisi tubuhnya sudah agak mendingan setelah dilakukan penanganan dari pihak rumah sakit.

"Tadi sesak sekali, sekarang tidak lagi. Semoga demam juga mulai turun," ucap Fitri. (*)