Enam Fakta Maskapai Tertua di Dunia

Senin, 21 Oktober 2019

INHILKLIK.COM, JAKARTA - Pada tanggal 7 Oktober silam, maskapai KLM asal Belanda merayakan ulang tahun mereka yang ke-100. Hal ini sukses membuat KLM menjadi maskapai tertua di dunia.

Didirkan pada tahun 1919, KLM atau "Koninklijke Luchtvaart Maatschappij" adalah maskapai dengan sejarah panjang dan menarik.

Bahkan, salah satu titik penting dalam sejarah maskapai KLM ternyata masih berhubungan dengan negara Indonesia.

Merangkum dari laman Travel and Leisure, berikut adalah fakta-fakta menarik seputar KLM yang baru saja berulang tahun ke-100. Yuk simak!

KLM Royal Dutch Airlines. (Pixabay/b-1-foto)

KLM Royal Dutch Airlines. (Pixabay/b-1-foto)

1. Maskapai tertua yang tidak pernah mengalami pergantian nama

Selain KLM, maskapai British Airways sebenarnya sudah merayakan ulang tahun ke -100 pada Agustus silam.

Meski begitu, bulan Agustus sebenarnya menandai berdirinya Aircraft Transport and Travel Limited. Beberapa tahun setelahnya, barulah perusahaan ini bergabung dan berganti nama menjadi British Airways.

Dengan demikian, KLM pun menjadi maskapai tertua yang tidak pernah mengganti nama mereka sejak didirikan hingga kini.

2. Merupakan maskapai kerajaan

Walau tanggal resmi pendirian KLM adalah 7 Oktober 1919, maskapai ini sebenarnya sudah ada sejak sebulan sebelumnya.

Saat itu, Ratu Wilhelmina menunjuk KLM sebagai maskapai kerajaan Belanda. Dengan begitu, maskapai ini pun mendapatkan tempat spesial di hati para keluarga bangsawan.

Pesawat KLM (Pixabay/jarektw)

Pesawat KLM (Pixabay/jarektw)

3. Jakarta menjadi tujuan antarbenua yang pertama

Penerbangan pertama KLM dilakukan pada 17 Mei 1920 dari London ke Amsterdam. Saat itu, KLM masih memakai pesawat De Havilland DH-9B yang merupakan pesawat pengebom dalam Perang Dunia I.

Barulah 4 tahun kemudian, KLM merilis rute penerbangan antarbenua mereka yang pertama. Rute tersebut adalah dari Amsterdam ke Jakarta.

KLM memakai pesawat Fokker VII dengan 3 penumpang di dalamnya. Total, perjalanan dari Amsterdam ke Jakarta pun memakan waktu 55 hari dengan 21 pemberhentian.

4. Maskapai pertama yang mencetak majalah dalam pesawat

Saat ini, berbagai macam hiburan dalam pesawat bisa kita temukan dengan mudah. Mulai dari majalah, musik, hingga film, semuanya sudah tersedia.

Namun, di tahun 1966 silam, KLM menjadi maskapai pertama yang menciptakan majalah in-flight untuk penumpang mereka. Majalah itu sendiri dinamai Holland Herald.

5. Karpet di kelas bisnis maskapai KLM terbuat dari seragam pramugari

Sebagai salah satu maskapai tertua di bidang aviasi, KLM juga turut berpartisipasi dalam rangka mengurangi jejak emisi karbon pesawat.

Salah satu usaha tersebut adalah dengan berinvestasi dalam membuat bahan bakar pesawat yang ramah lingkungan.

Selain itu, KLM juga melakukan daur ulang seragam pramugari yang tak lagi terpakai. Uniknya, seragam pramugari ini diubah menjadi karpet untuk kelas bisnis.

Raja Willem-Alexander, Pilot Pesawat KLM (Wikimedia Commons)

Raja Willem-Alexander, Pilot Pesawat KLM (Wikimedia Commons)

6. Punya pilot seorang raja

Bukan cuma digunakan sebagai maskapai keluarga kerajaan, KLM juga punya seorang raja sebagai pilot mereka.

Namanya adalah Raja Willem-Alexander. Raja Belanda yang kini berusia 52 tahun tersebut sudah menjadi pilot KLM selama 20 tahun lamanya.

Biasanya, Raja Willem-Alexander terbang sebanyak dua kali dalam sebulan. Sementara, rute yang paling sering dilalui adalah dari Amsterdam ke Istanbul.

sumber: suara.com/