Dinkes Inhil dan PDGI Inhil Taja Baksos Sekolah Sambut HKN ke-55

Kamis, 07 November 2019

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke-55 pada tanggal 18 November 2019 nanti, Dinas Kesehatan (Dinkes) Indragiri Hilir (Inhil) bekerjasama dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Indragiri Hilir (Inhil) menggelar bakti sosial pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut yang berlokasi di SD Negeri 012 Pekan Arba, Tembilahan, Kamis (07/11/19).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 248 orang murid SD Negeri 012 Pekan Arba dan para guru sekolah tersebut.

Zainal Arifin selaku Kepala Dinas Pendidikan Indragiri Hilir menuturkan bahwa bakti sosial yang digelar ini merupakan salah satu implementasi program Bupati Peduli Kesehatan Masyarakat yang telah menjadi komitmen bersama.

"Kebersihan dipandang begitu penting dalam ajaran agama, maka kewajiban kita semua bersama pemerintah untuk menjadikan perilaku hidup bersih dan sehat dijadikan sebagai gaya hidup," ujarnya.

Beliau berharap kegiatan ini dapat digelar secara rutin sehingga pada akhirnya dapat mempercepat penekanan kepada anak anak untuk hidup menjaga kesehatan yang berkaitan dengan masalah kesehatan gigi dan mulut. 

"Saya berharap kegiatan ini tidak hanya untuk melaksanakan pelayanan kesehatan gigi semata, tetapi memiliki dampak yang lebih luas, yaitu adanya unsur pendidikan perubahan perilaku hidup bersih dan sehat yang ditanamkan kepada anak anak sejak dini." harapnya.

Seiring akan hal itu, Ahmad Husairi selaku Camat Tembilahan yang mewakili masyarakat dan pihak sekolah SD Negeri 012 Pekan Arba menyambut baik kegiatan tersebut yang digelar oleh Dinkes Inhil dan PDGI Inhil.

"Terimakasih kepada Dinas Kesehatan dan PDGI Inhil yang telah melaksanakan bakti sosial pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut di SD Negeri 012 Pekan Arba, yang kebetulan sekolah ini masuk dalam wilayah Kecamatan Tembilahan." imbuhnya.

Dokter Gigi Lin Indrawati selaku Ketua PDGI Inhil mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke 55 tahun 2019.

"Kami, PDGI Inhil dalam mengisi HKN ke-55 dengan mengadakan bakti sosial di SD 012 Pekan Arba, dimana kegiatan bakti sosial ini diantaranya gosok gigi massal, pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut serta pencabutan gigi," tuturnya.

Ia juga berpesan kepada murid SD Negeri 012 Pekan Arba untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan rutin menyikat gigi di rumah sebanyak dua kali sehari yaitu setelah sarapan pagi dan sebelum tidur. Kemudian ia menambahkan bahwa harus menghindari makanan yang bisa merusak gigi dan jangan lupa periksa rutin kesehatan gigi dan mulut ke dokter gigi. (Galleru Dinkes Inhil)