Bernilai Rp1,7 Triliun, Kapal Selam Bawa 3 Ton Heroin Disita di Spanyol

Kamis, 28 November 2019

INHILKLIK.COM, SPANYOL -  Aparat hukum Spanyol menyita kapal selam yang membawa 3 ton heroin. Nilainya mencapai USD121 juta atau setara Rp1,7 triliun.

Kapal selam dengan panjang 65 kaki melintasi samudera Atlantik. Berangkat dari Kolombia menuju Eropa atau sejauh 7.690 kilometer.

Menurut laporan Daily Mail, aparat Spanyol telah menangkap dua kru kapal selam warga Ekuador. Satu kru lainnya warga Spanyol dinyatakan kabur. 

Aparat belum mengetahui pasti pemiik kapal selam dan heroin ini. Dugaan kuat pemiliknya adalah kartel narkoba. 

Penyitaan kapal selam yang membawa heroin melintasi Atlantik pada Minggu (24/11/2019) merupakan kasus pertama yang ditangani aparat hukum Spanyol.

Aparat Spanyol melacak keberadaan kapal selam itu dengan melakukan koordinasi dengan polisi internasional yang melaporkan rute kapal selam itu yang akan melintas di perairan Portugal.

Menurut laporan surat kabar Spanyol, ABC, aparat Spanyol telah memantau kapal selam itu sejak 15 November lalu.

Aparat Spanyol lalu berusaha mencegat kapal selam itu dan membawanya ke pelabuhan Aldan di provinsi Pontevedro di tengah hujan deras dan angin kencang.

Dari dalam kapal selam, polisi Spanyol menemukan tumpukan heroin dalam bungkusan. Namun, polisi belum memastikan laporan media bahwa ada 3 ton heroin diangkut kapal selam itu.