Pidato Mirip Kutipan Menteri Propaganda Nazi, Menteri Kebudayaan Brasil Mundur

Sabtu, 18 Januari 2020

INHILKLIK.COM, BRAZIL - Menteri Kebudayaan Brasil Roberto Alvim mengundurkan diri. Pidatonya dinilai menyerupai kutipan Menteri Propaganda Nazi, Joseph Goebbels.

Alvim mengumumkan program pendanaan seni terbaru dengan latar belakang musik Richard Wagner, seorang komposer yang diasosiasikan dengan Nazisme. Itu disampaikan dalam sebuah video.

"Seni Brasil selama dekade ke depan akan menjadi heroik dan nasional," kata Alvim, yang duduk di belakang meja dengan gambar Presiden Brasil Jair Bolsonaro dilansir Reuters, Sabtu (18/1/2020).

"[Hal] itu akan diberkahi dengan kapasitas besar demi keterlibatan emosional dan juga akan sangat penting, karena itu sangat terkait dengan aspirasi rakyat kita, atau itu tidak akan menjadi apa-apa."

Kata-kata Alvim mirip dengan kalimat Goebbels dalam buku biografinya yang ditulis ahli holocaust Jerman, Peter Longerich yang diterbitkan pada 2010.

"Seni Jerman selama dekade berikutnya akan menjadi heroik, akan menjadi sangat romantis, akan objektif dan bebas dari sentimentalitas," kata Goebbels dalam buku itu.

"[Hal] ini akan berdampak nasional serta penting atau tidak akan menjadi apa-apa."

Awalnya Alvim mengklaim kesamaan pidatonya dengan Goebbles hanya sebuah kebetulan, tetapi dia memutuskan mengundurkan diri.

"Mengingat ketidaknyamanan besar yang disebabkan oleh situasi malang ini, saya mengajukan pengunduran diri langsung saya," tulis Alvim di Facebook.

"Saya sangat menolak rezim totaliter mana pun dan menyatakan penolakan saya terhadap rezim Nazi."