Seperti Jatuh dari Langit, Ratusan Burung Jalak Mati Misterius di Jalanan

Sabtu, 18 Januari 2020

INHILKLIK.COM, WALES - Ratusan burung ditemukan mati di sebuah ruas jalan di Pulau Anglesey, Wales, Inggris. Menurut polisi, diperkirakan mati saat mencoba menghindari sergapan burung pemangsa.

Lebih dari 200 burung jalak ditemukan mati di pulau Anglesey, Wales, pada 11 Desember 2019.

Salah-satu burung memiliki tanda yang menunjukkan mereka dari terbang dari Lithuania, yang jaraknya sekitar 1.662 kilometer dari lokasi mereka ditemukan mati.

Kepolisian North Wales mengatakan hasil penyelidikan sementara mendukung teori mereka jatuh ke tanah setelah mencoba menghindari predator.

Pemeriksaan awal oleh Animal Plant and Health Agency mengungkapkan kawasan burung Jalak (starling) mati setelah jatuh dan menimpa jalan beraspal.

Salah-satu burung memiliki cincin di kaki kirinya, dan ada tulisan 2015 Ventes Ragas, Lithuania, dan usianya empat tahun.

"Sangat mungkin kawanan burung Jalak ini bermanuver untuk menghindari serangan burung pemangsa, dan sebagian mereka terjatuh," demikian isi cuitan Tweet unit itu.

Sementara, seorang pakar mengatakan kawanan burung jalak itu bisa saja mengalami disorientasi dan terjatuh, karena efek pantulan sinar matahari di ruas jalan yang basah.

Seorang saksi mata, Dafydd Edwards, yang bersama pasangannya, menemukan bangkai burung-burung itu, mengatakan seolah-olah 'mereka jatuh dari langit'.

Kepolisian mengatakan sedang menunggu hasil toksikologi lebih lanjut sebelum mengumumkan hasil penyelidikan final yang dapat dikonfirmasi.

Sumber: BBC Indonesia