"Kampung Banjar" Akan Dibentuk di Kabupaten Serdang Bedagai

Jumat, 14 Februari 2020

INHILKLIK.COM,SERGAI - Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Provinsi Sumatera Utara memiliki masyarakat beragam suku, maka bisa disebut Sergai adalah miniatur Indonesia dari beragam suku di saat peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2020 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), Sabtu (8/2/2020) kemarin.


Dinas Pertanian Sergai merupakan salah satu Organiasi Perangkat Daerah (OPD) yang di undang panitia HPN secara langsung, dalam kesempatan itu Kepala Dinas Pertanian Sergai Radianto Panjis, SP, MMA adalah orang yang fasih betul berbahasa Banjar.


Sehingga saat kunjungan ke Banjarmasin, beliau menjadi juru bahasa yang handal dan karena mahirnya berbahasa Banjar dengan tempo singkat mampu berbaur dengan suku adat Banjar.


Radianto juga sempat tampil menyanyi dan menari di tengah musik tradisional Banjar, bahkan semua dokumen dan adat istiadat Banjar telah beliau dapatkan.


Pemerintah Kabupaten Sergai berencana dalam waktu dekat akan membentuk Kampung Banjar di Kabupaten Sergai, dalam hal itu Kadis Pertanian Radianto bekerja sama Kepala Dinas Pemuda Olahraga Parawisata dan Budaya (Disporaparbud), Sudarno.


Pada saat pengukuhan nantinya di rencanakan Gubernur Kalimantan Selatan yang di dampingi beberapa Bupati /Walikota akan hadir di Kabupaten Sergai sebagai kunjungan balasan sekaligus mengukuhkan keberadaan Kampung Banjar di Sergai.


Menurut Kadis Pertanian, Radianto Panjis kepada wartawan, Kamis (13/2) sore tadi menuturkan Banjarmasin adalah banua seribu sungai dimana sungai merupakan sendi kehidupan, dijadikan pekan, alat transportasi, terlebih pariwisata sungai ditata rapi kanan kiri sungai dengan tanaman yang indah luar biasa bisakah sungai-sungai di Sergai di tata seperti di Banjarmasin.


Disampaikan Radianto, bahwa suku Banjar di Sergai sangat luar biasa dan telah mengharumkan Kabupaten Sergai di Mancaegara dengan produksi beras organik di Desa Lubuk Bayas Kecamatan Perbaungan maka sebagai bentuk terima kasih Kabupaten Sergai akan mengukuhkan kampung Banjar.


"Saya yang satu satunya OPD yang mampu berbahasa Banjar di minta oleh Bapak Bupati untuk membantu pariwisata dalam mewujudkan Kampung Banjar di Sergai nantinya,"ujarnya.


Oleh karena itu, lanjut Radianto, Kampung Banjar di Kabupaten Sergai akan dikukuhkan sebagai bentuk terimakasih Pemerintah  karena masyarakat suku banjar telah berhasil mengangkat popularitas di dunia Pertanian melalui produksi beras organik di Desa Lubuk Bayas, Kecamatan Perbaungan,"tandasnya.

 

(Red/*)