Secara Daring, KPU Resmi Lantik PPS se-Kabupaten Sergai

Senin, 15 Juni 2020

INHILKLIK.COM, SERGAI, - Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020 Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Serdang Bedagai telah dimulai, pada hari ini Senin (15/6) Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan Pelantikan PPS se Sergai secara webinar via zoom meeting dan live streaming di Facebook Kpu Serdang Bedagai.

Pelantikan PPS tersebut berlangsung dikantor KPU Sergai di Sei Rampah, turut dihadiri Kasat Intel Polres Sergai, Kasat Intel Polres Tebing Tinggi, Wakil Ketua DPRD Sergai, dari Partai Nasdem, Siswanto, Kejari Sergai, yang mewakili Dandim 0204/DS dan
Bawaslu Sergai.

Demikian disampaikan Komisioner KPU Kabupaten Serdang Bedagai divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Ardiansyah Hasibuan kepada media ini mengatakan lanjutan tahapan pilkada akan kembali berjalan sesuai dengan diterbitkannya PKPU Nomor 5 tahun 2020 tentang tahapan, jadwal, dan program serta Surat Edaran 441 tahun 2020 tentang pengaktifan PPK PPS dari KPU RI.

Ardiansyah menyebutkan turunnya surat tersebut, memerintahkan semua KPU Kabupaten/Kota untuk melakukan pengaktifan badan adhoc, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan melakukan pelantikan terhadap Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Pilkada serentak 2020.

"Sebanyak 729 orang PPS yang tersebar di 243 Desa se Kabupaten Sergai pada hari ini dilantik dengan cara daring di Aplikasi zoom Meeting,"ujarnya.


Dijelaskan Ardiansyah, pelaksanaan pelantikan secara daring berdasarkan pada protokol kesehatan akibat pandemi Coronavirus Disease atau covid-19. Sedangkan untuk teknis pelantikan daring, para calon anggota PPS yang dilantik dengan cara online di kantor Desa masing-masing.

"Kita mengikuti protokol kesehatan jadi mereka dilantik didesa masing masing agar tidak mengumpulkan banyak orang,"tambahnya.

Setelah dilantik, kata Ardiansyah, maka akan digelar Pleno Pemilihan Ketua PPS dengan 
Anggota PPS menggelar rapat pemilihan Ketua dan dilakukan tahapan selanjutnya.

"Pilkada Sergai siap digelar, Pemungutan suara akan digelar pada tanggal 9 Desember 2020,"pungkasnya.

(SA/*)