Pantai Bogak Indah Diduga Tercemar Limbah, Para Nelayan Minta Dinas terkait 'Turun Gunung'

Ahad, 21 Juni 2020

Kondisi air laut, pantai Bogak Indah berubah warna.

INHILKLIK.COM, SERGAI, - Objek Wisata Pantai Bogak Indah berada di Dusun I Desa Bogak Besar Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) diduga tercemar limbah,  pembuangan cairan berwarna hijau tampak berasal dari salah satu perusahaan Tambak budidaya udang setempat.


Salah seorang nelayan, Khair Marpaung kepada awak media 
Minggu (21/6) sekira pukul 12.30 WIB dilokasi mengatakan bibir pantai Bogak Indah dinilai tercemar limbah terlihat airnya berubah warna menjadi hijau pekat, 'fenomena' ini sudah lama terjadi namun dirinya menduga cairan hijau itu berasal dari salahsatu Tambak udang setempat, karena selama ini juga ikan tidak pernah mendekat ke bibir pantai.


"Kami khawatir dengan limbah tersebut, karena kita tidak tahu kandungan dari cairan warna hijau ini. Yang pasti kita sangat menyayangkan karena pantai ini juga sangat ramai dikunjungi warga untuk berlibur, dan saya meminta Pemerintah Kabupaten Sergai melalui Dinas terkait mengecek ke lokasi,"tegasnya.


Hal senada juga ditegaskan tokoh nelayan setempat M. Syarif, ia juga mengaku khawatir dengan kondisi air laut yang tampak berubah warna di bibir pantai Bogak Indah, karena bisa saja berdampak terhadap kesehatan dan ekonomi para nelayan. 


"Ini sebenarnya sudah berlangsung lama. Oleh karena itu, kita minta Dinas terkait turun kelapangan mengecek untuk mengambil sampel cairan hijau yang telah mencemari air laut, apakah cairan tersebut berbahaya atau tidak,"ungkapnya kepada wartawan.

Terpisah, Kepala Desa Bogak Besar Syahrum, S.Pd.I saat dikonfirmasi wartawan melalui sambungan telepon seluler, mengatakan dirinya mengaku belum mengetahui kondisi air laut pantai Bogak Indah berubah warna.


"Besok Senin (22/6), akan kita cek. Soalnya Kepala Dusun belum ada melapor,"bilangnya.

(SA/*)