Seluruh Organisasi Pers di Inhil Tolak Pengangkatan Kabag Humas

Selasa, 20 Mei 2014

post

Foto Ilustrasi/Internet
INHILKLIK.COM, Tembilahan - Seluruh organisasi wartawan di Kabupaten Indragiri Hilir sepakat menolak pengangkatan Kepala Bagian Humas Setdakab Inhil yang baru. Bupati Inhil diminta mengevaluasi kembali pengangkatannya. 

Penolakan ini berasal Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Aliansi Jurnalis Independen Indonesia (AJI) dan Forum Komunikasi Wartawan Inhil (FKWI). 

Para jurnalis menilai, pejabat Kabag Humas yang baru Martha Haryadi selama ini tidak bisa menjalin komunikasi yang baik dengan kalangan wartawan di Inhil. Padahal, jabatan yang diemban ini memerlukan sosok yang familiar dan dapat merangkul semua elemen wartawan. 

"Kami menolak Kabag Humas Pemkab Inhil yang baru, karena dinilai tidak dapat menjalin komunikasi dan pendekatan dengan rekan-rekan wartawan di Inhil," ungkap Ketua PWI Inhil Muhammad Yusuf, Selasa (20/5/14). 

Sebutnya, jabatan humas di pemerintahan sangat penting, karena merupakan ujung tombak penyampaian berbagai program dan kebijakan pemerintah kepada publik. Sehingga patut dipertanyakan sosok Kabag Humas yang sepertinya 'alergi' dengan wartawan, mampu menjalankan tugasnya dengan baik. 

Muhammad Faisal, dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) juga mempertanyakan penunjukan pejabat Kabag Humas yang selama ini tidak dapat menjalin hubungan dan komunikasi yang baik dengan jurnalis, padahal posisi ini jelas-jelas selalu dekat dengan jurnalis. 

"Maka, kami minta bupati melakukan evaluasi atas pengangkatan Kabag Humas yang tidak bisa menjalin hubungan dan komunikasi yang baik dengan wartawan," tegasnya. 

J Marbun, Ketua FKWI menyebutkan, Kabag Humas harus merupakan sosok yang mampu melakukan pendekatan dan koordinasi yang baik dengan semua elemen, khususnya wartawan. 

"Kita khawatir tidak jalan kegiatan publikasi program dan kegiatan Pemkab Inhil, kalau pejabat Kabag Humasnya selama ini tidak bagus hubungannya dengan wartawan," cetus Marbun. 

Untuk itu, Bupati Inhil diharapkan arif dan dapat menyaring dan mengakomodir serta menerima masukan dan saran dari berbagai elemen masyarakat terkait pengangkatan pejabat, bukan hanya dalam hal pengangkatan Kabag Humas Setdakab Inhil. Masyarakat, termasuk wartawan memiliki hak melakukan kontrol dan mengkritisi setiap kebijakan pemerintah yang dipandang tidak mengakomodir kepentingan publik. 

Untuk diketahui, Kabag Humas yang baru Martha Haryadi dilantik Wabup Inhil H Rosman Malomo bersama 15 pejabat eselon III lainnya, Senin (19/5/14) di aula Dispenda Inhil. Sebelumnya ia menjabat Kakan Satpol PP Inhil. (*)


Source: riauterkini.com