Coblos 4 Kertas Surat Suara Sekaligus Ketua KPPS di Kampar Diproses Gakkumdu

Jumat, 17 Februari 2017 - 10:22:09 WIB
Coblos 4 Kertas Surat Suara Sekaligus Ketua KPPS di Kampar Diproses Gakkumdu

INHILKLIK.COM, KAMPAR - Pelanggaran pemilu dilakukan oleh oknum Ketua KPPS, yang mencoblos kertas suara sebanyak 4 kali, di TPS 3 Desa Kumantan, Bangkinang Kota, pada Pilkada Kampar, Rabu(15/2/2017).

Terkait masalah tersebut, anggota Panwas Bangkinang Kota, Aprijon, saat dikonfirmasi, tampaknya masih enggan berkomentar banyak terkait dugaan pelanggaran itu. Dia mengaku, pihaknya masih mendalami Pasangan Calon Kepala Daerah yang diuntungkan dari pelanggaran itu, dia menegaskan, dugaan pelanggaran itu akan dinaikkan ke Sentra Gakkumdu Pilkada Kampar.

“Ketua KPPS berinisial ‘ IS ‘ itu mencoblos empat kali, dia berkilah surat suara yang dicoblos mewakili anak dan istrinya, dan dia pun (IS), mengaku salah dan menyatakan siap diproses,” katanya Aprijon, didampingi Ketua Panwascam Bangkinang Kota, Marhaliman.

Lanjut Aprijon, perbuatan IS diketahuinya setelah mendapat informasi dari Pengawas TPS, dan perbuatan IS dipergoki oleh seorang saksi salah satu Pasangan calon.

” Berdasarkan keterangan dari seorang saksi mata, Ketua KPPS berinisial IS mencoblos empat surat suara di luar bilik. Empat surat suara yang sudah dicoblos itu kemudian dimasukkan IS ke empat kotak suara,” Ungkapnya.

“Tingkah IS itu mencurigakan. Mengetahui pelanggaran yang dilakukan IS, saksi salah satu Paslon langsung berteriak. Teriakan itu membuat heboh,” Tuturnya.

Setelah kejadian itu, KPUD, unsur Panwas, TNI dan Polri, langsung menggelar rapat di salah satu ruangan kelas sekolah MTs Muallimin Muhammadiyah, dimana TPS itu berlangsung. Hingga berita ini diturunkan, belum ada penetapan status terhadap IS yang merupakan mantan Sekretaris KPUD Kampar tersebut, namun menurut Ketua Panwascam Bangkinang Kota, Marhaliman, IS akan terlebih dahulu diperiksa oleh Gakkumdu di Sekretariat Panwas Kampar.

Ketua KPUD Kampar, Yatarullah, mengaku telah memperintahkan Panitia Pemungutan Suara (PPS) memecat IS, dia menyayangkan kejadian ini karena telah menciderai nilai demokrasi di Kabupaten Kampar.(Dpr/Edi)

[ Ikuti Terus InhilKlik Melalui Media Sosial ]







TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
Kamis, 18 April 2019 - 23:46:31 WIB

Warga Kampar Ketahuan Coblos 20 Lembar Surat Suara untuk Paslon 02

INHILKLIK.COM, PEKANBARU - Bawaslu Kampar menciduk seorang warga Kampar dengan inisial M. Dia diketa

Kamis, 18 April 2019 - 23:45:53 WIB

KPU Riau: 20 Surat Suara yang Dicoblos M Tak Masuk Kotak Suara

INHILKLIK.COM, PEKANBARU - Ketua KPU Riau, Ilham M Yasir memastikan 20 surat suara yang dicoblos war

Rabu, 17 April 2019 - 23:56:02 WIB

Tak Bisa Mencoblos di TPS, Warga Pekanbaru Datangi Kantor KPU

INHILKLIK.COM, PEKANBARU - Puluhan warga Pekanbaru yang tidak bisa menggunakan hak pilihnya dikarena

Jumat, 05 April 2019 - 23:22:19 WIB

Pengajuan Sengketa Pemilu Bisa Sehari Setelah Hari Pencoblosan

INHILKLIK.COM, PEKANBARU - Komisioner KPU Riau Divisi Hukum, Firdaus mengatakan proses pengajuan sen

Rabu, 27 Juni 2018 - 23:00:34 WIB

M Wardan-SU Menang Telak Di Lokasi Pencoblosan Rosman Malomo

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Calon Bupati Petahana Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), H Muhammad Ward