Jadi Destinasi Wisata Halal, Sumbar tak Dipilih Raja Salman

Kamis, 02 Maret 2017 - 03:12:48 WIB
Jadi Destinasi Wisata Halal, Sumbar tak Dipilih Raja Salman Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud (AFP Photo)

INHILKLIK.COM, PADANG - Meski Sumatera Barat (Sumbar) menjadi destinasi wisata halal di Indonesia, namun Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud tidak memilih Ranah Minang sebagai lokasi liburan rombongannya selama berada di Tanah Air. Melainkan malah memilih Bali.

Pengamat Pariwisata dari Universitas Andalas (Unand) Padang, Sari Lenggogeni menilai, dipilihnya Bali sebagai lokasi liburan Raja Arab Saudi, karena lebih pada faktor fasilitas yang dimiliki Bali sesuai dengan standar yang mereka harapkan.

“Alasan Bali tentu jelas karena persoalan fasilitas atau sarana dan prasarana yang ada di sana. Meski kita kita di Sumbar memang menang dari segi wisata halal, namun belum memenuhi kriteria fasilitas bagi mereka,” ungkap Direktur Pusat Studi Pariwisata Universitas Andalas Padang ini seperti dilansir Padang Ekspres (Jawa Pos Group), Selasa (28/2).

Sejatinya, kata Sari, kehadiran utusan kerajaan Arab di Indonesia menjadi momentum untuk mengembangan lokasi wisata Mandeh di Pesisir Selatan. "Pemda di Sumbar harus menyikapinya secara proaktif," sambungnya.

Apalagi dari sisi akses penerbangan, Sumbar merupakan daerah terdekat dari Arab Saudi, dan Presiden Joko Widodo juga yang meresmikan Kawasan Wisata Bahari Terpadu Mandeh.

“Ini project besar dan sudah semestinya jelas konsep dan skemanya, lalu ada menajemen yang pro-rakyat untuk memberikan keuntungan atau menyejahterakan rakyat di sekitar destinasi. Kita berharap investasi Arab ini ditangkap cepat,” ucap lulusan University of Queensland Australia ini. (jawapos)

[ Ikuti Terus InhilKlik Melalui Media Sosial ]







TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT