Pemprov Riau Gesa Pembangunan Infrastruktur Jalan dan Jembatan Untuk Buka Daerah Terisolir

Rabu, 12 April 2017 - 16:40:27 WIB
Pemprov Riau Gesa Pembangunan Infrastruktur Jalan dan Jembatan Untuk Buka Daerah Terisolir Gubri Andi dengan menggunakan sepeda motor turun langsung ke Kecamatan Reteh, Pulau Kijang, Inhil. Infrastruktur jalan yang dibangun provinsi di sepanjang Pulau Kijang ingin dilihat langsung oleh orang nomor satu di Riau itu.

INHILKLIK.COM, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau terus menggesa pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di desa-desa yang selama ini yang masih terisolir, baik antar kabupaten maupun yang langsung berbatasan dengan provinsi tetangga. Sejumlah jalan di daerah terpencil yang dibangun pemerintah provinsi di antaranya jalan yang menghubungkan antara desa-desa yang ada di Rokan Empat Koto ke Pasaman, Sumatera Barat. Kemudian ada juga pembangunan jalan yang ada di sejumlah Kuansing ke Darmasraya, Sumatera Barat, termasuk beberapa ruas-ruas jalan yang menghubungkan antara Indragiri Hilir (Inhil) dan Indragiri Hulu (Inhu).

"Membuka isolasi menjadi salah satu fokus kita. Sudah banyak isolasi yang kita buka. Misalnya baru-baru ini kita bangun jembatan dan jalan di Rokan IV Koto, Rohul yang bisa menghubungkan dengan Kabupaten Pasaman, Sumbar. Ini sangat membantu masyarakat. Sekarang kalau mau ke Pekanbaru tidak perlu lagi memutar lewat Bukit Tinggi tapi bisa langsung via Rohul. Ini bisa menghemat waktu 4 sampai 5 jam," ulas Gubernur Riau (Gubri) H Arsyadjuliandi Rachman saat membuka rapat kerja peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa se Provinsi Riau tahun 2017, di Hotel Mutiara Merdeka, Pekanbaru, Rabu (12/04/2017).

Hadir ratusan Kepala Desa dari seluruh desa di Riau.Dalam tahun ini, tambah Gubri, Pemprov Riau juga akan membuka isolasi antara Pulau Kijang di Inhil dengan Provinsi Jambi. Begitu juga dari Bagan Siapiapi, Rohil melalui Padamaran 1 dan 2 menuju perbatasan dengan Provinsi Sumatera Utara.

Dikatakan Gubri yang akrab disapa Andi Rachman ini, Pemerintah Provinsi Riau terus berusaha maksimal membangun infrastruktur jalan dan jembatan. Sehingga tidak ada lagi daerah-daerah yang selama ini terisolir. Karena itu, isolasi antar kabupaten dan kota juga segera dibuka. Misalnya membuka isolasi di daerah Inhu Selatan dan juga beberapa kawasan di Kuansing.

"Insyaallah secara bertahap isolasi ini kita buka dengan membangun jalan dan jembatan. Jadi tidak ada lagi daerah di Riau yang disebut terisolir. Semua harus terhubung dengan daerah yang lain agar ekonomi bisa tumbuh dengan baik. Kalau isolasi ini kita buka, ekonomi masyarakat akan berkembang, termasuk masyarakat kita yang ada di perbatasan," tegas Gubri Andi optimis.

Selain membuka isolasi, kata Gubri, Pemprov Riau juga fokus membangun puskesmas-puskesmas di berbagai kabupaten dan kota sebagai bentuk komitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.Masalah pendidikan juga tidak kalah penting. Apalagi 20 persen lebih APBD Provinsi Riau dialokasikan untuk sektor ini.

"SMA dan SMK pengelolaannya sekarang juga di bawah Pemprov. Jadi ini juga jadi fokus kita. Memang sedikit ada masalah karena sudah 16 tahun Pemprov tidak mengurus SMA dan SMK ini. Tapi insyaallah semua ada solusinya," kata Gubri seraya mengakui, anggaran provinsi mengalami penurunan. Ini karena harga migas dan sektor perkebunan seperti sawit dan karet yang selama ini jadi andalan Riau terus merosot. Sementara harga migas dan sektor perkebunan sangat ditentukan oleh harga pasar dunia.

"Itu sebabnya Pemprov Riau terus berusaha keras mencari sektor-sektor baru yang bisa menjadi andalan kita ke depan. Misalnya, sekarang kita mengangkat sektor pariwisata berbasis budaya termasuk sektor perikanan laut," ulas Gubri.

Namun intinya, kata Gubri, APBD Riau memang dialokasikan untuk pembangunan kabupaten/kota di Riau.Hadir sebagai pembicara antara lain pakar otda yang juga mantan Plt Gubri H Johermansyah Djohan dan pejabat dari Kemendagri. (nrc)

[ Ikuti Terus InhilKlik Melalui Media Sosial ]







TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
Selasa, 04 Juli 2017 - 12:12:28 WIB

Pemkab Inhil Usulkan Rp100 Miliar Untuk Pembangunan Turap kepada Pemprov Riau

INHILKLIK.COM, KUALA ENOK - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir telah mengusulkan Rp 100 miliar kep

Senin, 19 Juni 2017 - 12:13:39 WIB

Pemprov Riau dan Kemen PUPR Sepakati Proyek Air Bersih di Tiga Daerah

INHILKLIK.COM, PEKANBARU - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman bersama Kementerian Pekerjaan Umum d

Jumat, 02 Juni 2017 - 20:13:25 WIB

Demi Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi, Pemprov Segera Bangun Jalan ke Kuala Enok dan Tanjung Buton

INHILKLIK.COM, PEKANBARU - Akhirnya pembangunan jalan nasional ke kawasan ekonomi Kuala Enok, Kabupa

Selasa, 04 April 2017 - 11:26:19 WIB

Pemprov Riau Desak Persiapan Perlengkapan Embarkasi Haji Antara

INHILKLIK.COM, PEKANBARU - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menyampaikan bahwa saat ini pihaknya

Senin, 03 April 2017 - 17:00:24 WIB

Andi Rachman Perintahkan Dinas dan Badan di Pemprov Riau 'Keroyok' Destinasi Wisata

INHILKLIK.COM, PEKANBARU - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menegaskan kepada seluruh dinas dan

Jumat, 24 Maret 2017 - 20:26:38 WIB

Komisi I DPRD Inhil Pelajari Sistem Publikasi Media Dalam Kunjungan Kerja Ke Pemprov

INIHLKLIK.COM, PEKANBARU - Komisi I DPRD Indragiri Hilir melakukan kunjungan kerja ke Biro Humas, Pr