Pendapatan Adsense Anjlok? Fokuslah pada Trafik Pengunjung

Rabu, 13 September 2017 - 21:30:55 WIB
Pendapatan Adsense Anjlok? Fokuslah pada Trafik Pengunjung

INHILKLIK.COM, JAKARTA - Bukan lagi menjadi rahasia kalau publisher adsense (Indonesia) saat ini sedang mengalami permasalahan yang hampir sama. Pendapatan adsense mengalami penurunan drastis alias anjlok, terutama selama tahun 2017 ini.

 Sejauh pengamatan kami, permasalahan penurunan penghasilan adsense bukan disebabkan oleh publisher adsense. Segala upaya sudah dilakukan, mulai dari optimasi blog, artikel sampai optimasi iklan adsense itu sendiri.

Namun apa hendak dinyana, penurunan pendapatan itu tetap terjadi. Hanya saja porsentase penurunannya saja yang berbeda yang dialami oleh masing-masing publisher adsense.

Sebagai salah seorang publisher adsense, kami mengira penurunan eranings adsese disebabkan oleh anjloknya nilai biaya klik iklan (BPK). Saat ini BPK berkisar antara $ 0,01 – 0,03. Padahal sebelumnya rata-rata BPK berkisar antara $ 0,05 – 0,07. Putus asakah dengan kondisi seperti ini?

Tentu saja tidak. Jika nilai BPK rendah maka perhatian difokuskan pada peningkatan lalu lintas pengunjung (trafik pengunjung) ke blog. Upaya ini cukup beralasan.  Semakin meningkat trafik pengunjung semakin besar peluang (probabilitas) peningkatan jumlah klik iklan.

Trafik pengunjung jelas esensinya dalam bermain adsense. Betapa bagus optimasi iklan adsense namun belum berarti banyak jika trafik masih rendah. Ini dengan catatan faktor blog dan konten sudah optimal.

Seperti sudah kita ketahui bersama, agar trafik blog meningkat perlu update artikel secara kontinyu dan konsisten. Dengan catatan, sudah dilakukan optimasi terhadap artikel postingan tersebut.

Apa yang kita harapkan dengan fokus perhatian seperti itu? Kalau sudah diarahkan perhatian pada peningkatan trafik pengunjung, diharapkan penurunan penghasilan tidak terjadi secara drastis.

Rilnya, jika sebelumnya pageview rata-rata 15.000 per hari, jumlah klik 50 dan rata-rata BPK $0.07 per hari berarti earnings rata-rata adalah $3.5 sehingga bisa payout tiap bulan.

Ketika nilai BPK turun, maka fokus perhatian kita adalah trafik pengunjung. Bagaimana trafik pengunjung meningkat sehingga pageview  akan meningkat, probalbilitas klik juga meningkat.

Misalnya, pageview meningkat sampai 25.000 perhari. Bagaimana peluang klik? Bisa jadi mencapai 75 klik perhari dengan nilai BPK rata-rata hanya $0.03. Maka eraning per hari adalah sekitar $2,25 per hari. Itu artinya payout sekali dua bulan.

Telah terjadi penurunan sekitar $1,25 per hari sehingga kemungkinan payout menjadi sekali 2 bulan. Ah, tak apa-apa barangkali payout diperlambat dari tiap bulan menjadi sekali dua bulan.

Dapat disimpulkan, penurunan pendapatan adsense bagi publisher tak dapat dihindari. Namun yang perlu diupayakan adalah memusatkan perhatian pada peningkatan trafik pengunjung sehingga peluang jumlah klik iklan semakin besar.

Perhatian difokuskan pada upaya update artikel postingan secara konsisten dan kontinyu. Selain itu perlu juga promosi gencar (jangan terlalu gencar) pada situs media sosial yang ada.

Mudah-mudahan share ini menjadi bahan inspirasi bagi kita semua khususnya sesame publisher adsense. Semoga. (matrapenddikan)

[ Ikuti Terus InhilKlik Melalui Media Sosial ]







TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT