Kebiasaan Nabi Muhammad SAW yang Terbukti Manfaatnya

Ahad, 11 Februari 2018 - 23:50:50 WIB
Kebiasaan Nabi Muhammad SAW yang Terbukti Manfaatnya

INHILKLIK.COM - Nabi Muhammad SAW merupakan nabi yang di utus oleh Allah SWT untuk menyempurnakan keimanan dan ketaatan seorang hamba. Sifatnya yang jujur, adil, cerdas dan amanah adalah contoh dari sifat yang patut kita teladani.

Tidak hanya sifat, kebiasaan Nabi Muhammad juga dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Melansir About islam.net, Rabu, (31/01/18) beberapa kebiasaan Rasulullah yang terbukti ilmiah memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh.

1.Selalu bangun pagi hari

Rasulullah selalu bangun pagi hari untuk melaksanakan sholat subuh. Bangun pagi membuat orang lebih produktif untuk memulai harinya, selain itu bangun pagi juga bermanfaat untuk kesehatan mental.

2.Makan secukupnya

Manusia memang memiliki nafsu makan yang tinggi tapi sebaiknya berpandai-pandailah dalam mengontrol nafsu makan tersebut. Dalam Islam kebutuhan untuk tubuh telah ditentukan 1/3 untuk makan, 1/3 untuk minum dan 1/3 untuk bernafas. Jadi sebaiknya janganlah makan berlebihan karena itu dapat menyebabkan ngantuk dan malas dalam melakukan aktivitas.

3. Makan dengan pelan

Tubuh perlu waktu 20 menit untuk mengirimkan sinyal ke otak yang menandakan perut sudah kenyang. Makan dengan pelan akan membantu anda mengurangi makan dengan porsi banyak dan itu lah yang dilakukan oleh Rasulullah semasa hidupnya.

4. Minum dua atau tiga tenggakkan.

Jangan minum air dengan satu tarikan nafas karena hal itu akan membuat paru-paru menyempit dan nafasnya akan berat. Sesuai anjuran Rasulullah sebaiknya minum dengan duat atau tiga tarikan nafas.

5. Memakan buah delima

Salah satu buah kesukaan Nabi Muhammad adalah delima. Buah delima terbukti memiliki khasiat untuk tubuh karena di dalamnya terkandung mineral yang dapat membantu pembentukan struktur tulang selama proses metabolisme dan mencegah pembentukan enzim yang dapat menghancurkan jaringan ikat.

6. Berpuasa

Berpuasa tidak hanya dilakukan Rasulullah selama bulan Ramadhan saja, tetapi Rasulullah juga berpuasa di waktu yang lain, Seperti puasa senin dan kamis, dan puasa pada tanggal 13, 14, dan 15 di setiap bulannya. Dengan berpuasa tubuh akan menjadi lebih sehat, dan segar serta dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

7.Memakan buah kurma

Setelah berpuasa seharian tubuh akan merasa lapar, dan saat berbuka makanlah buah kurma untuk menghilangkan rasa lapar tersebut. Kurma sangat bermanfaat untuk menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh.

8. Olahraga

Tidak hanya makan, olahraga juga dibutuhkan agar tubuh tetap sehat dan bugar. Rasulullah selalu melakukan berbagai jenis olahraga seperti renang, menunggangi kuda dan memanah.

Nah jika kalian ingin hidup sehat kebiasaan diatas bisa anda lakukan mulai dari sekarang.

[ Ikuti Terus InhilKlik Melalui Media Sosial ]







TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT