Pengamat: Masyarakat Riau Apresiasi Calon Berprestasi

Senin, 02 Juli 2018 - 23:39:16 WIB
Pengamat: Masyarakat Riau Apresiasi Calon Berprestasi

INHILKLIK.COM, PEKANBARU - Pengamat Politik Universitas Riau Hasanuddin menilai masyarakat di daerah ini mengapresiasi pasangan calon Syamsuar-Edi Nasution yang memiliki prestasi bagus dalam rekam jejak.

"Apresiasi tersebut muncul bisa jadi karena masyarakat Riau telah mulai sedikit mengalami perubahan budaya politik," kata Hasanuddin di Pekanbaru, Senin dilaporkan antarariau.com.

Ia mengatakan itu terkait pasangan nomor urut 1 Syasmuar-Edy Nasution untuk sementara unggul dari tiga pesaingnya pada Pemilihan Gubernur Riau 2018, berdasarkan penghitungan suara di Komisi Pemilihan Umum.

Menurut Hasan perubahan budaya politik yang dialami masyarakat Riau yakni dari kecenderungan pilihan politik sangat dipengaruhi pertimbangan emosional seperti ikatan-ikatan primordial, menuju kepada pertimbangan rasional seperti kapabilitas kandidat dalam memimpin.

Ia mengatakan  rekam jejak Syamsuar yang memiliki prestasi sebagai Bupati Siak telah berhasil  dibingkai dengan baik oleh para pendukungnya sehingga memberi efek positif dalam  persepsi publik Riau.          

"Sosok Syamsuar dalam survei yang pernah kami lakukan dalam proses kandidasi awal di akhir tahun 2017 menunjukkan sebagai tokoh yang mudah mendapatkan simpati publik," katanya.

Ia menjelaskan dari 2.200 responden yang diwawancarai, tercatat 72 persen responden dengan segera menyatakan kesediaan memilih Syamsuar setelah ditunjukkan catatan prestasi dalam memimpin Kabupaten Siak.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Antara dari situs resmi infopemilu milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 28 Juni yang diperbarui pukul 12.00 WIB, Syamsuar-Edy Nasution mendapatkan suara 39,67 persen.

Jumlah suara tersebut untuk sementara melampaui pasangan nomor urut 2 Lukman Edy-Hardianto yang mendapatkan 14,73 persen, dan pasangan nomor urut 3 Firdaus-Rusli Effendi  meraih 21,32 persen.

Sementara itu, pasangan nomor urut 4, yang merupakan petahana gubernur, Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno meraih  24,28 persen.

[ Ikuti Terus InhilKlik Melalui Media Sosial ]







TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT