Menkumham Yasonna Laoly Terungkap Dikibuli Bawahannya Sel Palsu di Lapas Sukamiskin

Kamis, 26 Juli 2018 - 23:24:15 WIB
Menkumham Yasonna Laoly Terungkap Dikibuli Bawahannya Sel Palsu di Lapas Sukamiskin

INHILKLIK.COM, JAKARTA – Pasca terbongkarnya skandal sel mewah di Lapas Sukamiskin oleh KPK yang ditempati para napi koruptor, sejumlah temuan mencengangkan di lapas itu terbongkar.

Berbagai kejanggalan memicu kecurigaan Najwa Shihab saat melakukan penelusuran di Lapas Sukamiskin.

Najwa yang melakukan proses reportase untuk program acara yang digawanginya, Mata Najwa, menemukan setidaknya dua kejanggalan sel yang dihuni Setya Novanto dan Nazarudin.

“Sejak awal saya dan tim @matanajwa sudah curiga bahwa sesungguhnya itu bukanlah sel asli Setya Novanto,” ujar Najwa, lewat akun Instagramnya, Kamis (26/7/2018).

Saat sidak, kata Najwa, Setnov mengaku sejak awal menempati sel no 29 di Blok Timur dan selama 3 bulan tidak berpindah-pindah sel.

Namun kecurigaan Najwa itu bermuara pada beberapa kejanggalan berikut:

1. Di papan besar daftar nama dan sel penghuni di ruang kamtib Lapas Sukamiskin, sticker nama SETYA NOVANTO terkesan baru ditempel dan berbeda.

2. Isi sel SN mulai dari barang2 pribadi, baju, perlengkapan mandi, makanan tdk sesuai dgn profil SN. Misalnya ada body mist Victoria Secret Pure Seduction, Gatsby dan Pucelle splash cologne.

3. Tidak terlihat tumpukan baju atau barang yg mengindikasikan sel itu sudah dihuni selama 3 bulan. Terkesan “terlalu rapih” dgn tujuan ingin menonjolkan “kesederhanaan”

4. Ketika petugas membuka sel SN, saya mendapat kesan Papa sudah sangat “siap” menyambut kami. Duduk di kursi dgn pakaian rapi sembari membawa buku “Kosa Kata Alquran”.

“Kecurigaan-kecurigaan itu kemudian kami telusuri lebih jauh. Saya mendapatkan informasi awal, kamar asli SN berada di Blok Timur atas di dekat kamar Bung Karno. Saat sidak sel no 2 dan 3 memang tidak tercantum nama penghuni,” beber Najwa.

Pengakuan mantan penghuni Lapas Sukamiskin, kata Najwa, menyebut sel nomor 3 berukuran dua kali lipat sel lain.

Sel itu dulu sempat dihuni oleh mantan Walikota Palembang alm Romi Herton, yang kemudian dipindah ke Lapas Gunung Sindur karena terbukti plesiran.

“Saya kemudian mendapatkan informasi tambahan dari orang dalam, bahwa SN benar menghuni sel no 3 Blok Timur Atas. Kerap kali diketahui mobil datang membawa perlengkapan barang-barang mewah untuk mengisi sel itu,” ujarnya.

Sel Nazaruddin yang disidak malam itu juga sel palsu. Informasi orang dalam yang dikumpulkan, sel asli Nazaruddin adalah sel yang dulu sempat dihuni mantan Gubernur Bengkulu Agusrin Najamudin.

Sel no 41 di Blok Timur Atas dua kali lipat dari sel rata-rata.

“Tadi malam saat LIVE Mata Najwa, saya bertanya ke Menteri Yasonna Laoly atas beragam kejanggalan yang ada. Di sela-sela break, Menkumham menelpon jajarannya dan mengkonfirmasi bahwa kecurigaan tim Mata Najwa dan informasi yang kami kumpulkan benar adanya. Sel Setya Novanto dan Nazaruddin yang disidak petugas malam itu adalah sel palsu,” ujarnya. (pojoksatu)

[ Ikuti Terus InhilKlik Melalui Media Sosial ]







TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
Sabtu, 21 Juli 2018 - 23:40:58 WIB

Respons Menkumham Yasonna soal Penangkapan Kepala Lapas Sukamiskin

INHILKLIK.COM, JAKARTA - KPK menangkap Kepala Lapas Sukamiskin Wahid Husen terkait dugaan suap. Pena