Belasan Kelompok Nelayan Inhil Terima Bantuan Kapal Pompong

Jumat, 05 Oktober 2018 - 23:50:12 WIB
Belasan Kelompok Nelayan Inhil Terima Bantuan Kapal Pompong

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Sebanyak 12 Kelompok Usaha Bersama (KUB) Nelayan di Kabupaten Indragiri Hilir, menerima bantuan kapal pompong Fiber GT 1 siap pakai sebanyak 25 unit.

Bupati Kabupaten Indragiri Hilir, Muhammad Wardan mengatakan, bantuan kapal pompong tersebut berasal dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2018.

Penyerahan bantuan yang diberikan langsung oleh Bupati Muhammad Wardan, di Desa Pulau Cawan Kecamatan Mandah, Rabu (3/10), turut disaksikan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Inhil, Drs Mukhtar T, Camat Mandah, Junaidi, serta Kepala Desa Pulau Cawan, Said Khairul Hanafiah.

"Alhamdulillah Masyarakat yang tergabung dalam KUB nelayan bisa menerima bantuan kapal pompong lengkap siap pakai, semoga bantuan ini bermanfaat," ucap Bupati.

Selain kapal pompong, pada kesempatan itu juga diserahkan alat tangkap ikan berupa jaring sebanyak 125 Piece, Cool Box sebanyak 25 Unit serta kunci peralatan.

Dia mengatakan, bantuan tersebut merupakan upaya pemerintah untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat nelayan khususnya nelayan yang berada di Kabupaten Inhil.
     
Dia berpesan agar setelah menerima bantuan tersebut, para nelayan mampu menjaga kelestarian lingkungan laut dengan baik.
     
"Gunakanlah pompong dan jaring yang telah di berikan dan jangan sekali kali meracun atau menuba kerena itu merusak serta melanggar hukum," pesannya.
     
Sementara itu Kepala dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Inhil, Mukhtar T menuturkan, bantuan berupa Kapal Pompong Fiber diberikan kepada KUB Barokah dari Kelurahan Tanjung Pidada  Kecamatan Tempuling, KUB Sabar
dari Desa Tanjung Baru Kecamatan Tanah Merah, KUB Parit 21 dari Kelurahan Tembilahan Hilir, KUB Kerapu Mas dari Desa Bekawan Kecamatan Mandah, KUB Citra Sehati dari Desa Sungai Buluh Kecamatan Kuindra.
     
Selanjutnya, KUB Belanak Desa Sungai Laut Kecamatan Tanah Merah dari KUB Pengilar dari Desa Teluk Kabung Kecamatan Gaung, KUB Kembang Tumbuh dari Desa Pulau Cawan Kecamatan Mandah, KUB Usaha Baru dari Desa Pasenggrahan Kecamatan Sei. Batang, KUB Dua Samudra dari Desa Bekawan Kecamatan Mandah, KUB Karya Mekar2 dari Desa Pulau Burung Kecamatan P.Burung dari KUB Camar Laut Desa Kuala Sungai Batang Kecamatan Sungai Batang.
     
"Bantuan yang diserahkan berupa kapal Fiber GT 1 sebanyak 25 Unit, Jaring sebanyak 125 Piece, Cool Box sebanyak 25 Unit serta kunci peralatan," papar Mukhtar T.
     
Dia mengatakan, meski masih banyak terdapat kelompok nelayan yang belum menerima bantuan, namum Pemerintah akan terus berupaya agar bantuan tersebut dapat diberikan secara merata sehingga para nelayan dapat melaut sebagai salah satu mata pencariannya.
     
Pada kesempatan itu, Mukhtar T juga berharap agar para penerima bantuan mampu mempergunakan bantuan dari pemerintah dengan sebaik baiknya.
     
"Jika dirawat dengan baik, pompong fiber tersebut bisa tahan hingga 20 tahun, oleh karena itu rawatlah bantuan rezeki yang kita terima dan jangan sekali-kali menjualnya karena itu akan melanggar hukum," tuturnya.
     
Sufi'i salah satu anggota KUB Kembang tumbuh Desa Bekawan, Kecamatan Mandah mengaku sangat terharu dan berterimakasih atas bantuan yang ia terima.
     
"Terima kasih Kepada Pemerintah, dengan adanya bantuan ini kami merasa apa yang kami butuhkan untuk mencari nafkah di laut sudah diperhatikan," ucap Sufi'i.

[ Ikuti Terus InhilKlik Melalui Media Sosial ]







TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
Sabtu, 25 Agustus 2018 - 23:02:55 WIB

Masjid Al-Huda Tembilahan Qurban Belasan Ekor Sapi

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Masjid Al-Huda Tembilahan menyelenggarakan Qurban di belakang Masjid Al-

Rabu, 28 Februari 2018 - 23:30:17 WIB

Pencarian Korban Tenggelam, BPBD Inhil Terjunkan Belasan Personel

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN  - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indragiri (In

Kamis, 09 Februari 2017 - 20:15:09 WIB

Zulaikah Wardan Kukuhkan Belasan Ketua TP PKK di Inhil

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN  - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Hj Zulai