Peringati Hari Anak Internasional, 11 Sekolah di Inhil Belajar di Luar Kelas Selama 3 Jam

Kamis, 01 November 2018 - 23:35:53 WIB
Peringati Hari Anak Internasional, 11 Sekolah di Inhil Belajar di Luar Kelas Selama 3 Jam

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Sebanyak 11 sekolah di Inhil mulai dari satuan pendidikan TK hingga , SD/MI/SMP/MTs/SMA/SMK/MA dan SLB secara serentak melaksanakan Outdoor Classroom Day (OCDay) atau belajar di luar kelas selama tiga jam, Kamis (1/10/2018).

Pelaksanaan kegiatan OCDay ini merupakan salah satu kegiatan untuk memperingati Hari Anak Internasional yang jatuh pada bulan November.

Adapun 11 sekolah yang melaksanakan OCday ini adalah TK Alhusniah, SDI-Alhusniah, SDN 032 Tembilahan, SDN 004 Tembilahan, SDN-009 Tembilahan, SDN 008 Tembilahan Hulu, SMPN 1 Tembilahan Hulu, SMPN 1 Tembilahan Kota, SMAN 1 Tembilahan Kota, SMAN 1 Tembilahan Hulu dan SMKN 1 Tembilahan.

Rangkaian kegiatan dimulai dari pukul 07.00 WIB, dimana para guru menyambut siswa dengan 3S (senyum, sapa, salam). Dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya (3 stanza), cuci tangan sebelum makan, baca doa bersama sebelum makan, cuci tangan setelah makan.

Kegiatan dilanjutkan dengan memeriksa lingkungan (tanaman dan lainnya), menyingkirkan tanaman dan barang yang dapat membahayakan siswa, mematikan lampu yang tidak diperlukan dan mematikan kran air yang terbuka.

Mulai pukul 08.08 hingga 08.23 WIB, diisi dengan kegiatan membaca buku di luar ruangan, dilanjutkan dengan simulasi sadar bencana dalam lagu dan gerak, senam Germas, permainan tradisional, yel-yel Sekolah Ramah Anak, deklarasi Sekolah Ramah Anak, pelantikan Tim Sekolah Ramah Anak, dan acara ditutup pukul 09.16 dengan menyanyikan lagu ‘’Maju Tak Gentar’’.

Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Inhil Apriani mengungkapkan program OCDay ini bagian dari mewujudkan sekolah ramah anak.

"Program OCDay ini merupakan program Pemerintah Pusat yang dilaksanakan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI," jelasnya.

Terdiri dari tiga jam pembelajaran di luar kelas untuk membuat anak tidak jenuh, kegiatan ini dikatakannya juga untuk menumbuhkan kreativitas, menggalakkan olahraga tradisional dan permainan tradisional.

"Sekitar tiga jam pembelajaran di luar kelas membuat anak tidak jenuh dan menumbuhkan kreativitas. Menggalakkan kembali olahraga tradisional dan permainan tradisional yang dulu pernah kita mainkan," lanjutnya.

"Dalam kegiatan Outdoor Classroom Day ini bagaimana menciptakan anak senang, guru tenang, orangtua bahagia," terang Apriani

Sekdakab Inhil, Said Syarifuddin yang ikut melihat rangkaian kegiatan tersebut mengaku senang melihat anak-anak bergembira.

"Luar biasa pola-pola pendidikan seperti ini , tidak hanya di dalam kelas tapi di luar kelas, seperti ini yang buat anak-anak terus bergembira dan bersemangat dan bisa meyerap pelajaran dengan baik," tukas Said Syarifuddin.

[ Ikuti Terus InhilKlik Melalui Media Sosial ]







TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
Jumat, 26 Oktober 2018 - 23:13:33 WIB

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Disparporabud dan PB Sederhana Gelar Turnamen Badminton

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Dalam rangka merayakan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2018 Dinas Pariwisa

Selasa, 23 Oktober 2018 - 23:14:37 WIB

HM Wardan Peringati HCTPS Sedunia Bersama Siswa SD di Tembilahan

INHILKLIK.COM, INDRAGIRI HILIR - Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan turut memperingati Hari Cuci Tang

Rabu, 09 Agustus 2017 - 16:49:32 WIB

Peringati HUT Riau Ke - 60, Pemkab Inhil Laksanakan Upacara Disertai Tele - Conference Dengan Gubri

INHILKLIK.COM, INDRAGIRI HILIR - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Riau yang

Senin, 12 Juni 2017 - 23:00:35 WIB

Memperingati HUT PMI Inhil Serahkan Bantuan Bagi Masyarakat Miskin

INHILKLIK.COM, INDRAGIRIHILIR - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menaj