Kenali Tanda Darurat Tekanan Darah Tinggi

Sabtu, 08 Juni 2019 - 21:27:41 WIB
Kenali Tanda Darurat Tekanan Darah Tinggi

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Tekanan darah sebenarnya adalah kekuatan yang mendorong darah terhadap dinding arteri. Ketika tekanan dalam pembuluh darah Anda lebih tinggi dari tingkat normal, itu dikenal sebagai tekanan darah tinggi atau hipertensi. Lalu, bagaimana mengukur tekanan darah?

Menurut Pusat Informasi Bioteknologi Nasional, tekanan darah diukur dalam satuan "milimeter air raksa"; disingkat mmHg. Pengukurannya selalu diberikan berpasangan dengan nilai atas (sistolik) pertama, diikuti oleh nilai yang lebih rendah (diastolik).

Nilai sistolik adalah tekanan ketika jantung berdetak dan memompa oksigen. Sedangkan, angka diastolik adalah tekanan ketika jantung bersandar di antara detak dan mengisi ulang darah. Adapun pedoman tekanan darah adalah normal, yakni sistolik kurang dari 120 mmHg; kurang dari 80 mmHg diastolic. Sementara, tekanan darah tinggi adalah sistolik 120 hingga 129 mmHg; kurang dari 80 mmHg diastolic.

Penting untuk dicatat bahwa tekanan darah harus selalu diukur selama beberapa hari ketika tubuh dalam keadaan istirahat. Jika bacaan tetap tinggi selama beberapa minggu, Anda perlu berkonsultasi dengan profesional perawatan medis untuk perawatan lebih lanjut. Dokter Anda mungkin melakukan sejumlah pembacaan tekanan darah untuk memeriksa, apakah tekanannya tetap tinggi selama periode waktu tertentu.


 
Ketika Anda berjuang melawan hipertensi, itu sebenarnya memberi banyak tekanan pada jantung dan arteri dan meningkatkan beban kerja mereka. Jika tetap tidak diobati, dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung, stroke, kehilangan penglihatan dan lainnya.

Kapan Anda mendapatkan pertolongan medis atas hipertensi? Aspek paling menakutkan dari tekanan darah tinggi adalah kenyataan bahwa biasanya tidak ada gejala atau tanda yang sama. Di sisi lain, konsekuensi dari tekanan darah yang tidak terkontrol bisa sangat berbahaya. Namun, dalam kasus-kasus tertentu, dapat naik ke tingkat yang sangat tinggi dan menghasilkan beberapa gejala. Anda pun harus tahu tandanya. Seperti dilansir Times Of India, berikut ulasannya;

1.Sakit kepala parah
Jika Anda mengalami sakit kepala yang tidak dapat dijelaskan, yang tampaknya tidak mereda bahkan dengan pembunuh rasa sakit, Anda mungkin perlu memeriksa ke dokter. 

2. Mual dan muntah
Jika Anda merasa mual untuk sementara waktu dan rasanya tidak tenang, disarankan untuk segera membaca tekanan darah.

3. Kesulitan bernafas
Jika Anda tidak berjuang melawan masalah pernapasan umum, seperti asma atau alergi, hipertensi dapat menyebabkan sesak napas.

4. Jantung berdebar 
Palpitasi jantung adalah salah satu gejala paling umum dari tekanan darah tinggi. Anda mungkin juga merasakan hentakan di dekat telinga dan pelipis, maka segera periksa.

5. Pusing
Anda juga mungkin mengalami pusing mendadak, kehilangan keseimbangan ditambah dengan kebingungan yang parah. Segera periksa ke dokter. 

6. Nyeri dada
Selain merasa pusing dan sesak napas, itu harus dianggap sangat serius, jika dada mulai terasa sakit. Disarankan segera berkonsultasi dengan profesional medis

[ Ikuti Terus InhilKlik Melalui Media Sosial ]







TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
Rabu, 30 Januari 2019 - 23:58:26 WIB

Kenali Lima Titik Ini, Cara Alami Sembuhkan Senjata Andalan Pria

INHILKLIK.COM, JAKARTA - Penyakit disfungsi ereksi (DE) adalah salah satu musuh terbesar kaum pria.

Jumat, 09 November 2018 - 12:37:45 WIB

5 Ciri Nyamuk Demam Berdarah yang Perlu Anda Kenali

INHILKLIK.COM - Penyakit demam berdarah masih menjadi salah satu masalah kesehatan masyara

Rabu, 15 November 2017 - 22:33:32 WIB

Kenali Tanda Gawat Sesak Napas Pada Anak

INHILKLIK.COM, JAKARTA - Batuk, pilek, penyakit infeksi pernapasan atau tersedak, merupakan pem

Sabtu, 23 September 2017 - 19:49:40 WIB

Ladies, Yuk Kenali Perubahan Vagina Seiring Usia Kamu

INHILKLIKK.COM, JAKARTA - Sebelumnya saya mau nanya dulu nih ladies, selain masalah jodoh apa sih sa