Bupati Wardan Membuka Rakor Da'i Motivator Baznas Se - Kabupaten Inhil

Jumat, 05 Juli 2019 - 23:49:43 WIB
Bupati Wardan Membuka Rakor Da'i Motivator Baznas Se - Kabupaten Inhil

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan membuka Rapat Koordinasi Da'i Motivator Baznas Se - Kabupaten Indragiri Hilir, Kamis (4/7/2019) malam, di aula Kantor Bupati Kabupaten Inhil, Tembilahan.

Turut hadir Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau yang diwakili Kepala Seksi Penerangan Agama Islam, Zakat dan Wakaf, H Kamarudin, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Inhil, H Harun dan Ketua Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Inhil, HM Yunus Hasbi serta alim ulama juga tokoh masyarakat dan Camat se - Kabupaten Inhil.

Untuk diketahui, pembentukan Da'i Motivator Baznas dimaksudkan untuk mengoptimalkan pengumpulan dan pendistribusian zakat di Kabupaten Inhil serta pemberian pemahaman tentang pentingnya zakat sebagai sebuah kewajiban kepada masyarakat.

Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan mengungkapkan, dari sisi pendistribusian zakat, baik zakat konsumtif maupun zakat produktif oleh Baznas Kabupaten Inhil telah sangat baik. Bahkan, diungkapkan Bupati, menurut Pemerintah Pusat, Kabupaten Inhil dinilai sebagai yang terbaik dalam hal pendistribusian.

"Malah daerah lain disuruh contoh apa yang dilakukan Inhil. Saya juga turut aktif ikut mendistribusikan zakat ini," kata Bupati dalam sambutannya.

Bupati mengatakan, pemberian zakat, khususnya zakat produktif oleh Baznas, diharapkan dapat mengubah status dari para mustahik menjadi muzakki kedepannya karena pendistribusian zakat dilakukan dalam rangka pengentasan masalah kemiskinan.

Selanjutnya, Bupati menilai, Kabupaten Inhil sebagai Kabupaten yang memiliki potensi besar dalam hal ekonomi ummat melalui penyaluran zakat, terutama jika ditinjau dari banyaknya jumlah masyarakat dan perusahaan yang berdiri.

Ihwal pengembangan zakat di Kabupaten Inhil, Bupati mengaku sangat serius dan resposif. Bupati menceritakan, pada awal kepemimpinan selaku Kepala Daerah, Dirinya telah mengambil kebijakan pemotongan 2,5 persen dari total gaji ASN untuk disalurkan sebagai zakat.

Tidak hanya sampai disitu, Bupati mengatakan, Pemerintah Kabupaten Inhil juga memberikan dukungan terhadap Baznas untuk urusan dana operasional melalui Tim Anggaran Pemerintah Daerah.

"Sudah Saya sampaikan melalui TAPD menganggarkan Rp 2 Milyar setiap tahunnya untuk keperluan operasional Baznas. Ini sudah tahun kedua. Jangan ada satu sen pun, dana operasional yang menggunakan dana zakat. Jangan," tukas Bupati.

Bupati mengatakan, rapat koordinasi Da'i Motivator merupakan rapat yang oenting untuk dilaksanakan. Bupati juga mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan rapat malam itu.

"Kalau bisa da'i motivator di SK kan Bupati karena jelas Tupoksinya. Kendala yang dihadapi Baznas adalah terkait sosialisasi zakat, sulitnya memberikan pemahaman Undang - undang tentang pengelolaan zakat. Undang - undang ini juga perlu dipahami oleh Da'i motivator Baznas," ujar Bupati.

Pada kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan keinginannya untuk melegalisasi peraturan daerah tentang pengumpulan dan pendistribusian zakat.

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Inhil, HM Yunus Hasby mengungkapkan, sejak dilantik pada tahun April 2017 telah melakukan berbagai  penyesuaian dan pembinaan. Dalam perjalanannya, diungkapkan Yunus Hasby, terdapat pula berbagai kendala yang dihadapi Baznas. Salah satunya, kendala dalam memberikan pemahaman terhadap Undang - Undang Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat kepada seluruh masyarakat secara menyeluruh.

"Padahal, Undang - undang ini dilahirkan dengan tujuan agar urusan agama dalam hal ini zakat telah menjadi bagian dari urusan pemerintah," pungkas Yunus Hasby.

Hal yang cukup menyita perhatian, diungkapkan Yunus Hasby adalah dalam Undang - undang Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat tidak memberikan sanksi kepada para Muzakki. Namun, lebih cenderung mengikat kepada pihak Baznas.

Usai sambutan, dilakukan pula peluncuran sekaligus penyerahan Muzakki Card secara simbolis kepada Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan.

[ Ikuti Terus InhilKlik Melalui Media Sosial ]







TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
Senin, 21 Oktober 2019 - 23:26:24 WIB

Bupati dan Forkopimda Pantau Titip Panas

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Bupati Indragiri Hilir (Inhil), Riau HM Wardan melakukan patroli ud

Senin, 21 Oktober 2019 - 23:15:07 WIB

Hari Anak Nasional, Bupati inhil: Anak Indonesia Termasuk Anak Paling Bahagia di Dunia

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melalui Dinas Pendidik

Sabtu, 19 Oktober 2019 - 23:42:42 WIB

Bupati Indragiri Hilir buka acara Karnaval Budaya

INHILKLIK.COM, INDRAGIRI HILIR - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir melaksanakan kegiatan Kar

Rabu, 09 Oktober 2019 - 23:50:28 WIB

Bupati HM Wardan Buka Lomba Cipta Menu Ikan Tahun 2019

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Bupati Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan menghadiri kegiatan lomba

Ahad, 29 September 2019 - 23:13:06 WIB

Bupati Berikan Pujian Kepada Tuan Rumah MTQ Ke-49 Tingkat Kabupaten Inhil

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan memberikan puji

Sabtu, 28 September 2019 - 23:30:28 WIB

Di Bawah Langit yang Cerah, Bupati Lepas 4.800 Peserta Pawai Taaruf MTQ ke-49 Kabupaten Inhil

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Cuaca yang cerah dan awan yang biru menghantarkan pelepasan pawai taaruf