Mau Kembangkan Usaha? 4 Platform Bisnis Ini Patut Dicoba

Kamis, 09 Januari 2020 - 18:43:52 WIB
Mau Kembangkan Usaha? 4 Platform Bisnis Ini Patut Dicoba

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Memasuki 2020, ekonomi digital Indonesia diprediksi akan tumbuh semakin pesat. Hal ini didukung oleh jumlah populasi penduduk Indonesia yang 60%-nya merupakan pengguna internet aktif.

Menurut data The Mobile Economic Asia Pacific 2018, penetrasi telepon pintar di Indonesia pada 2023 diyakini tumbuh hingga 61%-89%. Kondisi ini tentunya menjadi sebuah peluang sekaligus tantangan tersendiri, khususnya bagi pelaku usaha yang masih bertumpu pada sistem kerja konvensional.

Di satu sisi, penetrasi internet dan telepon pintar yang tinggi membidani munculnya banyak inovasi digital yang mempermudah proses bisnis, seperti platform pengelolaan bisnis berbasis digital dan transaksi non-tunai. Namun, di sisi lain, pemilik usaha dituntut mampu beradaptasi dengan pertumbuhan teknologi yang cepat apabila ingin bertahan dan mengembangkan bisnisnya.

Nah, bagi Anda yang saat ini masih menjalankan bisnis secara konvensional, tapi ingin mulai bertransformasi dan menjajal platform bisnis berbasis digital, berikut empat platform yang dapat menjadi referensi sesuai dengan kebutuhan dan bidang usaha Anda.

Youtap Indonesia
Youtap Indonesia adalah sebuah perusahaan teknologi yang memiliki pengetahuan dan pengalaman mendalam mengenai bisnis di era digital. Youtap Indonesia menyediakan solusi serba bisa untuk segala macam bisnis, baik dari korporasi besar hingga UMKM.

Platform bisnis #SerbaBisa milik Youtap ini menghadirkan kemudahan bagi pemilik usaha dalam mengelola bisnis di setiap tahapnya. Serta mendorong dan memfasilitasi pemilik usaha yang saat ini masih konvensional untuk memulai langkah digitalnya. Berbeda dengan kebanyakan startup yang ada, Youtap Indonesia fokus pada pengembangan (empowerment) merchant-nya.

Lewat platform ini, kegiatan bisnis sehari-hari seperti pencatatan pembukuan, reporting, insight penjualan hingga fitur untuk menerima transaksi non-tunai, lebih mudah dilakukan. Lebih dari itu, Youtap Indonesia menawarkan tiga jenis fitur layanan utama.

Pertama, Youtap App menawarkan berbagai solusi digital untuk membantu bisnis usaha. Kedua, Youtap Device, sebuah device khusus dibuat untuk memaksimalkan Youtap App dengan fitur tambahan untuk scan barcode dan contactless payment.

Ketiga, Youtap plus Device yaitu sebuah device khusus untuk memaksimalkan aplikasi Youtap dengan fitur tambahan yang menyeluruh dan dapat membantu mengelola usaha, dari pencatatan penjualan, stok barang, report hasil penjualan serta keuntungannya hingga mencetak resi pembayaran untuk memudahkan pembukuan.

Tribelio
Tribelio adalah sebuah All in One Community Management Platform untuk membantu orang-orang yang ingin membangun dan mengelola komunitas dan memperoleh pendapatan dari keberadaan komunitas dalam bisnis mereka tersebut.

Seperti diketahui, para pelaku bisnis membuat grup komunitas bisnisnya di platform media sosial yang sudah ada di publik. Namun, platform-platform tersebut penggunaannya terbatas.Misalnya saja dalam memasukkan konten ataupun ketika ingin mengakses database masing-masing anggota komunitas sangat terbatas.

Tribelio dapat menjadi jawaban dan solusi atas kebutuhan para pebisnis dan pemilik usaha dalam mengelola dan mengembangkan bisnisnya melalui komunitas. Saat ini Tribelio sudah menaungi lebih dari 20 ribu komunitas bisnis di seluruh Indonesia.

Bizhare
Bizhare merupakan platform equity crowdfunding (urun dana) khusus untuk usaha waralaba. Skema yang diterapkan oleh Bizhare memberikan peluang bagi peluang bagi UKM untuk memperoleh dana dengan menjual sahamnya tanpa perlu melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Sebagian bisnis yang telah didanai melalui Bizhare merupakan waralaba (franchise) yang bergerak di bidang jasa dan ritel, seperti kuliner, barbershop, minimarket, dan sebagainya.

Santara
Santara merupakan sebuah platform saham atau urun dana yang fokus pada UMKM di Indonesia. Platform ini menyediakan layanan antarmuka (interfacing) sebagai penghubung pihak yang memberikan pendanaan dan pihak yang membutuhkan pendanaan meliputi pendanaan dari individu, organisasi, maupun badan hukum kepada individu atau badan hukum tertentu.

Santara baru-baru ini juga menjadi platform equity crowd funding yang pertama kali berizin di OJK.

Sumber:  wartaekonomi.co.id

[ Ikuti Terus InhilKlik Melalui Media Sosial ]







TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
Ahad, 03 November 2019 - 23:26:37 WIB

Siapa Mau? BUMN Logistik Ini Buka Lowongan Kerja untuk Delapan Posisi

INHILKLIK.COM, JAKARTA - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang jasa logist

Kamis, 16 Agustus 2018 - 23:36:45 WIB

Tak Mau Kalah dari Honda, Yamaha Siap Tanamkan Airbag pada Motornya

INHILKLIK.COM, JAKARTA - Menjadi salah satu perangkat keamanan yang banyak digunakan pada kendaraan

Rabu, 31 Mei 2017 - 14:14:57 WIB

”Puasa Mau Makan Apa Lagi Kami Pak Gubernur?" Jeritan Hati Guru Bantu SMP

INHILKLIK.COM, KUANSING - Guru bantu Provinsi Riau yang ada di Kuantan Singingi (Kuansing) berharap

Senin, 01 Mei 2017 - 07:39:16 WIB

Alasan Telkomsel Belum Mau Turunkan Tarif Internet

INHILKLIK.COM - Telkomsel memastikan tak akan menurunkan tarif paket data internet meski situsnya di

Rabu, 22 Februari 2017 - 12:58:14 WIB

Pukat Harimau Merajalela Di Rokan Hilir, Nelayan Lokal Di Rugikan

INHILKLIK.COM, ROKAN HILIR - Kapal ikan trawl atau pukat harimau, telah lama beroperasi menangkap ik