Mahasiswa Kukerta UNRI 2019 Latih Pemuda Desa Teratak Air Hitam Kembangkan Bakat Olahraga

Kamis, 16 Januari 2020 - 17:23:55 WIB
Mahasiswa Kukerta UNRI 2019 Latih Pemuda Desa Teratak Air Hitam Kembangkan Bakat Olahraga Mahasiswa Kukerta UNRI 2019 latih pemuda Desa Teratak Air Hitam berolahraga.

INHILKLIK.COM, KUANSING - Sepuluh orang mahasiswa Universitas Riau dari berbagai jurusa menggelar kegiatan Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) di Desa Teratak Air Hitam, Kecamatan Sentajo Raya, Kabupaten Kuansing pada Juli hingga Agustus 2019.

Sebagai pengabdian kepada masyarakat, bebagai program dan kegiatan dilakukan. Selaian fungsi mahasiswa sebagai kontorol sosial dan agen perubahan, pengabdian juga merupakan bagian dari tri dharma perguruan tinggi.

Selama kurang lebih dua bulan, para peserta Kukerta mengaplikasikan ilmu yang didapat selama di bangku kuliah serta belajar membaur bersama masyarakat.

Dari beberapa program yang dibuat oleh mahasiswa Kukerta UNRI di Desa Teratak Air Hitam, salah satunya adalah pegembangan bakat di bidang olahraga.

Kebetulan salah satu peserta Kukerta adalah mahasiswa jurusan pendidikan olahraga. Dia adalah Indra Bakti Panjaitan. Indra pernah dipercaya menjadi pelatih di berbagai tempat.

Selama masa Kukerta, sembari untuk membangun keakraban, Indra mencoba menggali dan mengembangkan bakat-bakat olahraga yang terpendam dari para pemuda setempat.

Meskipun Desa, Desa Teratak Air Hitam telah memiliki pusat olahraha atau sport center yang dibangun pada tahun 2018 lalu. Ditempat itulah Indra dan kawan-kawan Kukertanya berbagi teknik yang benar dalam olahraga volly ball.

“Saya melihat banyak pemuda pemudi antusias dengan adanya sport center ini dan juga semakin banyak pemuda pemudi yang tertarik dan sering berlatih di lapangan ini. Kegiatan ini dilakukan setiap sore dan sesekali saya mengajarkan bagaimana teknik yang benar dalam bermain bola volly. Ternyata pemuda pemudi di Desa ini cukup banyak memiliki bakat dalam olahraga,” Jelas Indra.

Sejalan dengan itu, masalah olahraga merupakan program pioritas Kepala Desa Teratak Ait Hitam saat ini, Syahlian. Secara bertahap fasilitas sport center yang menjadi kebanggan itu karena satu-satunya di Kecamatan Sentajo Taya terus dikembangkan.

“Sport Center ini baru dibangun pada masa saya menjabat sebagai kepala desa tahun 2018 dan sedang berjalan sampai saat ini, ini baru selesai lapangan voli nanti akan terselesaikan lapangan bola kaki dan juga futsal di sebelah lapangan volly. Hal ini dilakukan agar masyarakat serta pemuda pemudi desa tidak sungkan untuk berolahraga bahkan mengembangkan bakatnya biar bisa jadi atlet,” Ujar Syahlian

Dengan berbagai programnya, kehadiran para mahasiswa Kukerta UNRI disambut positif oleh masyarakat dan pemerintah setempat. Dengan adanya pelatihan olahraga tersebut diharapkan akan tumbuh bakal calon atlit dari Desa Teratak Air Hitam. (*)

[ Ikuti Terus InhilKlik Melalui Media Sosial ]







TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
Sabtu, 18 Januari 2020 - 13:42:48 WIB

Tingkatkan Kesadaran Hidup Sehat di Sekolah Marjinal, Mahasiswa Kukerta UNRI Buat Program 'Sabtu Sehat'

INHILKIK.COM, INHU - Kesehatan merupakan salah satu hal penting yang harus selalu dijaga, karena san

Senin, 09 Desember 2019 - 12:27:02 WIB

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Suska Riau Gelar Pameran Foto

INHILKLIK.COM, PEKANBARU - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Ka

Kamis, 16 Februari 2017 - 16:41:53 WIB

Mahasiswa Unand Asal Inhil Ciptakan Sistem Kincir Air dan Monitoring Keramba Melalui Smartphone

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Danau Maninjau merupakan salah satu danau di Sumatera Barat yang digunak