'Gerakan Satu Hati' Lawan Stunting

Untuk Masyarakat Inhil, Besok Jangan Lupa Datang ke Puskesmas dan Posyandu Terdekat, Ada 6 Layanan Gratis

Jumat, 21 Februari 2020 - 19:02:09 WIB
Untuk Masyarakat Inhil, Besok Jangan Lupa Datang ke Puskesmas dan Posyandu Terdekat, Ada 6 Layanan Gratis Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil, H Zainal Arifin, S.Km, M.Kes.

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Bagi masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), khusunya bagi para ibu hamil, ibu menyusui dan para orang tua yang memiliki balita jangan lewatkan untuk hadir besok, Sabtu (22/02/2020) ke Puskesmas dan Posyandu terdekat.

Pemerintah Kabupaten Inhil melalui gerakan satu hati akan melaksanakan beberapa kegiatan untuk pencegahan gizi buruk dan stunting.

Gerakan Satu Hati dilaksanakan secara serentak di setiap Puskesmas dan Posyandu di seruluh desa dan kelurahan se-Kabupaten Inhil.

Ada 6 (enam) kegiatan inti yang dapat diikut oleh anak maupun ibu, yakni Penimbangan Serentak, Sapta Desa (Sarapan Tambahan Anak di Desa), Pemberian Vitamin A, Imunisasi Lengkap, Pemeriksaan Ibu Hamil dan Ibu Menyusui serta KB (Keluarga Berencana).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil, Zainal Arifin mengungkapkan, pihak Posyandu di setiap daerah telah mengumpulkan para kader posyandu untuk dapat mengajak orang tua, khususnya para ibu untuk dapat mengikuti Gerakan Satu Hati besok.

"Tentunya, kita berharap dengan keterlibatan semua pihak dapat berkontribusi untuk menyelamatkan generasi bangsa menciptakan kesehatan bersama," kata Zainal.

"Gerakan Satu Hati"

Menurut Zainal, Gerakan Satu Hati lahir sebagai sebuah jawaban dari kekhawatiran tentang angka penderita stunting di Kabupaten Inhil yang mencapai 1985 anak per Desember 2019 hingga membuat Kabupaten Inhil berada pada posisi ke-5 penderita stunting terbanyak se-Provinsi Riau.

"Gerakan Satu Hati ini jawaban atas kerisauan pak Bupati atas angka stunting yang mencapai 1985 anak," tutur Zainal.

Disamping itu, Gerakan Satu Hati juga merupakan bagian dari pelaksanaan program DMIJ Plus Terintegrasi. Dimana, unsur Terintegrasi nya termasuk bidang kesehatan di dalamnya.

Zainal mengungkapkan, saat ini stunting telah menjadi perhatian secara nasional. Penegasan terhadap persoalan stunting oleh Presiden juga telah sampai pada level Gubernur dan Bupati. Meski Kabupaten Inhil tidak termasuk dalam locus penanganan stunting Kementerian Kesehatan, Pemerintah Kabupaten harus tetap senantiasa waspada terhadap peningkatan angka penderita stunting.

Maka itu, Pemerintah Kabupaten Inhil melalui Dinas Kesehatan mengadakan kegiatan bernama Gerakan Satu Hati guna mencegah meningkatnya angka stunting.

"Yang jadi locus itu 4 Kabupaten di Riau, yakni Rokan Hulu, Kampar, Pelalawan dan Kepulauan Meranti. Kita peringkat 5 sehingga belum menjadi locus," papar Zainal.

Pelaksanaan Gerakan Satu Hati, dikatakan Zainal juga telah dilaporkan kepada Kementerian Kesehatan dan Kementerian Desa. Kementerian Kesehatan dan Kementerian Desa, dituturkan Zainal, sangat mengapresiasi penyelenggaraan Gerakan Satu Hati dan mengatakan kegiatan tersebut sebagai sebuah inovasi pelayanan publik.

"Dengan satu kegiatan, dengan semua orang bergerak dalam penanganan stunting secara bersama kita akan dapat data jumlah penderita stunting by name, by address," kata Zainal.

Setelah pelaksanaan Gerakam Satu Hati pada bulan Februari ini, Zainal mengatakan, pihaknya akan kembali menggelar kegiatan serupa pada bulan Oktober.

"Setelah ini, bulan Oktober akan kita adakan lagi secara lebih terencana juga sebagai sarana evaluasi atas penanganan stunting yang kita lakukan dari periode Februari hingga Oktober," tukas Zainal. (*)


[ Ikuti Terus InhilKlik Melalui Media Sosial ]







TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
Kamis, 26 Maret 2020 - 11:44:04 WIB

Lawan Virus Corona, PKB Riau Kembali Lakukan Bakti Sosial Disinfektan Untuk Rumah Ibadah

INHILKLIK.COM, PEKANBARU - Dalam upaya membasmi virus corona, Kader Muda PKB riau kembali lakukan ba

Selasa, 03 Maret 2020 - 18:55:19 WIB

Masyarajak Diimbau Jangan Panik, ini yang Dilakukan Pemda Inhil untuk Antisipasi Corona

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Beberapa lembaga dan instansi lintas sektoral di Kabupaten Indragiri Hil

Senin, 17 Februari 2020 - 22:55:51 WIB

Rasanya Pahit, Ternyata Ini Khasiat Luar Biasa Bunga Pepaya untuk Kesehatan

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Selain buahnya, masyarakat Indonesia juga memanfaatkan bunga pepaya

Selasa, 19 November 2019 - 23:56:37 WIB

Tidur Efektif untuk Membersihkan Racun di Otak

INHILKLIK.COM, JAKARTA -  Tidak diragukan lagi bahwa tidur sangatlah penting untuk kesehat

Rabu, 13 November 2019 - 00:59:25 WIB
Gallery

Puskesmas Gajah Mada Gelar Rock Port Untuk Jaga Kebugaran CJH 2019

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Ibadah haji sebagai rukun Islam ke-5 merupakan kewajiban umat islam kare

Sabtu, 21 September 2019 - 23:00:34 WIB

RSUD Petala Bumi Permudah Masyarakat untuk Berobat Akibat Kabut Asap

INHILKLIK.COM, PEKANBARU - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Petala Bumi memberikan kemudahan bagi masy