Sujiwo Tejo Setuju Agama Musuh Terbesar Pancasila, Ini Alasannya

Ahad, 23 Februari 2020 - 20:54:39 WIB
Sujiwo Tejo Setuju Agama Musuh Terbesar Pancasila, Ini Alasannya

INHILKLIK.COM, JAKARTA - Pernyataan kepala Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP, Yudian Wahyudi, baru-baru ini menuai kontroversi. Ia mengatakan, bahwa agama merupakan musuh besar Pancasila.

Yudian juga menyarankan, agar sebaiknya ucapan Assalamualaikum diganti dengan salam Pancasila. Pernyataan itu langsung mendapat kritikan dari Ketua Presidium Majelis Permusyawaratan Pribumi Indonesia, MS Kaban.

Mantan Ketua Majelis Syuro Partai Bulan Bintang itu dengan keras mengatakan, usulan BPIP gantikan salam kaum muslimin sudah keterlaluan. Bahkan, Kaban meminta BPIP dibubarkan.

Berbanding terbalik, budayawan Sujiwo Tejo malah menyatakan setuju dengan pernyataan Yudian. Menurutnya, tidak ada yang salah dengan anggapan bahwa agama menjadi musuh terbesar bagi Pancasila.

"Agama sudah menyatu dengan Pancasila di dalam puncak-puncak sosio kulturalnya, bukan peribadatannya. Nah, kalau sudah menjadi satu sama agama dan sebaliknya, ya siapa musuh terbesar diri sendiri?" ujarnya di program Indonesia Lawyers Club, Minggu 23 Februari 2020.

Budayawan nyentrik itu turut memberikan perumpamaan, bahwa yang menjadi musuh terbesar kita adalah diri sendiri.

"Apa salahnya musuh terbesar Pancasila adalah agama? Karena, agama sudah menyatu dengan Pancasila. Masalahnya di mana? Ini perang besar, tapi ada yang lebih besar, memerangi dirimu sendiri," tuturnya.

Menurut dia, agama memang berbeda dengan Pancasila. Tapi, puncak-puncak sosio kultural agama ada di Pancasila. Jadi, agama dan Pancasila sudah menjadi satu.

Namun, pemilik nama lengkap Agus Hadi Sudjiwo itu mengklarifikasi, bahwa dirinya bukan sedang membela kaum Jokowi karena telah membela ketua BPIP.

"Cuma, mari kita sadar semua, barangkali ini kayak peringatan dari Tuhan," ungkapnya.

sumber: viva.co.id

[ Ikuti Terus InhilKlik Melalui Media Sosial ]







TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT