Kanal

Dalam Seminggu Desa Kuala Gaung Hasilkan Ribuan Kilo Olahan Pucuk Nipah

Olahan pucuk nipah (antara)
INHILKLIK.COM, GAUNG ANAK SERKA - Desa Kuala Gaung, Kecamatan Gaung Anak Serka kabupaten indragiri hilir memiliki sumber daya alam berupa hutan mangrove nipah (Nypa pruticans) seluas kurang lebih ribuah hektar yang sangat potensi dikembangkan menjadi bernilai ekonomis.

Daun nipah sebagian besar di olah untuk di jadikan bahan rokok yang juga bisa berguna untuk obat dan menjadi komoditas ekspor.

Hasil olahan daun nipah oleh pengrajin di Desa Kuala Gaung Kecamatan Gaung Anak Serka sendiri mampu menghasil kan beberapa ton dalam waktu perminggu dengan harga jual saat ini mencapai Rp 8.000/kg

"Helaian daun yang telah dikupas kemudian dibuang kulit ari yang tipis, dijemur kering, kalau cuaca panas hanya satu hari sampai daunnya menggulung. Lalu di potong dengan panjang sekitar 1,2 meter sebelum diantar ke penampung," imbuh oleh seorang pengrajin daun nipah di Dusun Milon, Desa Kuala Gaung.

Daun nipah yang telah di kumpulkan kemudian di jual ke beberapa penampung di daerah lain terutama di daerah desa Pulau Cawan dan desa Perigi Raja

Jika rokok daun nipah ini dikelola dengan baik dan dilakukan pembinaan oleh pemerintah daerah, maka tidak tertutup kemungkinan akan menjadi peluang peningkatan perekonomian masyarakat Desa Kuala Gaung. (ADV/ARD)
Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER