Kanal

Unggas di Pekanbaru Positif Terjangkit Flu Burung

INHILKLIK.COM, PEKANBARU - Pihak Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kota Pekanbaru mewaspadai wabah flu burung. Pasalnya dari hasil penelusuran sudah ada unggas yang positif terjangkit virus H5N1 ini. 

Hal tersebut dikatakan Kepala Distanak Pekanbaru, El Syabrina kepada kru bertuahpos.com. “Kalau orang terjangkit (flu burung) belum ada ditemukan. Hewan ada sih, tapi sekarang tidak sebanyak dulu. Ada satu, satu,” kata El Syabrina, Kamis (26/01/2017).

Namun unggas yang terjangkit langsung diberikan penindakan pencegahan. “Tapi itu sudah cepat diambil tindakan. Kalau ada terdeteksi langsung ambil sample. Kita langsung kirim ke laboratorium Bukittinggi. Bagi lingkungan unggas yang positif flu burung diberi desinfektan lalu unggasnya dibakar dan dikubur,” sebutnya. 

Hanya saja El Syabrina memberi catatan biasanya yang rawan terjangkit jenis unggas liar. “Kalau ayam potong jarang, flu burung lebih sering ditemukan pada  ayam kampung atau ayam bankok,” sebutnya.

Pihaknya terus melakukan pemantauan mewaspadai agar flu burung tidak mewabah. “Kalau ada tanda-tanda terjangkit flu burung, kita harap juga peternak hubungi Puskeswan (Pusat Kesehatan Hewan) ada di Tampan, Kulim, dan Rumbai. Supaya tidak menyebar,” himbau El Syabrina. (Bpc)

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER