Kanal

Menteri Dalam Negeri Resmikan 3 Kecamatan Baru di Bengkalis

INHILKLIK.COM, BENGKALIS - Kabupaten Bengkalis yang berjuluk Negeri Junjungan resmi memiliki tiga kecamatan baru. Tiga kecamatan yang diresmikan itu di antaranya Bathin Solapan, yang sebelumnya masuk wilayah Kecamatan Mandau, Talang Muandau, Pinggir, Bandar Laksamana, pemekaran dari Kecamatan Bukit Batu.

Tiga kecamatan baru di Kabupaten Bengkalis itu diresmikan Menteri Dalam Negeri diwakili Direktur Dekonsentrasi, Tugas Pembantuan, Dan Kerjasama Direktorat Jenderal Administrasi Bina Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri di halaman Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Duri, Kamis (09/02/2017).

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti tiga kecamatan baru oleh Mendagri didampingi Bupati Bengkalis Amril Mukminin, Gubernur Riau diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat H Ahmad Syah Harofie, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis, Kaderismanto. Turut hadir Anggota DPRD Provinsi Riau, Mira Roza, anggota DPRD Kabupaten bengkalis, sejumlah Pejabat Tinggi Pratama, administrator, Pengwas Camat, Lurah, Kepala Desa di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Upika Kecamatan Mandau,  dan Pinggir.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Ahmad Syah Harofie dalam amanatnya menyampaikan, dalam rangka mewujudkan nawacita pembangunan nasional bersama seluruh pemerintah Kabupaten/Kota, Pemerintah Provinsi Riau terus melakukan berbagai upaya meningkatkan kualitas publik.

"Pemerintah harus bisa sedekat mungkin bersentuhan dengan masyarakat. ASN nantina yang menjadi pelayan masyarakat di ketiga Kecamatan baru, diharapkan bisa dekat dengan masyarakat," ujarnya seraya mengatakan, ASN yang menjadi pelayan masyarakat ini benar-benar memberikan kecepatan dan ketepatan dalam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat.

"Begitu juga dalam penyelenggaraan pembangunan dan pemerintah. Sesuai dengan nawacita ketiga pembangunan nasional. Kehadiran ketiga kecamatan baru ini, benar-benar dapat dijadikan momentum untuk kian menggeliatkan pembangunan Desa dan Kelurahan yang termasuk di dalamnya," ungkapnya lagi.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri yang diwakili Direktur Dekonsentrasi, Tugas Pembantuan, Dan Kerjasama Direktorat Jenderal Administrasi Bina Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri, Dr Drs Rizari MBa MSi menyampaikan kepada masyarakat Mandau, khususnya Kabupaten Bengkalis bagaimana proses yang sudah dilalui pansus serta pemkab Bengkalis untuk mendapatkan nomor kode wilayah Kecamatan baru ini.

"Masyarakat Bengkalis pantas memberikan aplous meriah kepada Bupati Bengkalis, Amril Mukminin, Ketua Pansus dan anggotanya, Asisten I Pemerintahaan ibu Umi Kalsum serta pak Ahmad Syah Harofie saat menjadi Pj Bupati Bengkalis terus memperjuangkan pemekaran Kecamatan baru ini," imbuhnya.

Bupati Bengkalis Amril Mukminin menyampaikan, keinginan untuk membentuk ketiga Kecamatan baru ini sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 2011 atau sekitar 6 tahun lalu. Lamanya waktu tersebut, bukan lantaran Pemerintah Provinsi Riau maupun Kementerian Dalam Negeri tidak menyetujuinya. Namun karena berbagai regulasi yang memang harus ditaati, maka baru sekarang asa tersebut dapat diwujudkan.
 
“Kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang nantinya akan diamanahkan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat di ketiga Kecamatan ini, kami harapkan benar-benar dapat memberikan pelayanan terbaik. Meskipun baru diresmikan, kualitasnya tidak boleh kurang sedikit pun dibandingkan kecamatan induk," pinta mantan Kepala Desa Muara Basung tersebut.
 
Menurut Amril keterbatasan sarana dan prasarana maupun personil aparatur di tahap awal ini, jangan dijadikan alasan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Sebaliknya, semua itu justru harus dijadikan pemacu dan pemicu untuk memberikan pelayanan terbaik dimaksud. Layani masyarakat dengan hati, sepenuh hati, setulus hati, jangan setengah hati apalagi sesuka hati. Namun tetap dengan kehati-hatian sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.
 
“Baik atas nama pribadi, Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Bengkalis, kami mengucapkan selamat datang kepada Rizari, beserta rombongan yang mungkin baru pertama kali ke Kabupaten Bengkalis dan H Arsyadjuliandi Rachman beserta rombongan. Dan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Riau dan Kementerian Dalam Negeri, yang telah memberikan persetujuan administrasi secara lengkap, sehingga pada hari yang bersejarah ini, ketiga kecamatan baru diresmikan,” katanya. (NRC)

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER