Kanal

Pelayanan RSUD Raja Musa Sungai Guntung Inhil Meningkat, Sekarang Bisa Operasi Caesar

INHILKLIK.COM, KATEMAN - Pelayanan kesehatan di RSUD RAJA MUSA Sungai Guntung, Kecamatan Kateman makin meningkat. Saat ini sudah bisa melayani pelaksanaan Operasi Caesar (Operasi melahirkan).

Untuk pertama kali, Kamis (23/2/17) tim dokter yang dipimpin langsung dr Mulya SpOG berhasil melaksanakan operasi bagi dua orang pasien dengan sukses.

Direktur RSUD Raja Musa Sungai Guntung dr H Afrizal Darmawan menyatakan, sejak beroperasinya RS ini memang ini operasi pertama yang dilaksanakan. Hal ini ditunjang dengan peralatan yang tersedia sudah memadai untuk dilakukan operasi.

Disebutkan, saat ini RSUD Raja Musa Sungai Guntung telah memiliki 3 dokter spesialis, yaitu Dokter Spesialis Anak, Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Dokter Spesialis Kandungan.

Kedepan RSUD Raja Musa dapat menerima rujukan dari kecamatan terdekat seperti Kecamatan Pulau Burung, Kecamatan Teluk Blengkong dan Kecamatan Pelangiran.

"Sehingga jika ada kasus tentang kebidanan dan kandungan tidak jauh jauh lagi merujuk ke Rumah Sakit di kota Tembilahan," ujar Afrizal. Selama ini kasus kasus kebidanan banyak di rujuk ke RS di Tembilahan atau pun ke Batam, Kepulauan Riau.

Hal ini untuk membantu pemerintah dalam menekan angka kematian ibu dan bayi yang masih tinggi di Inhil, khususnya di Kecamatan Kateman.

Peralatan operasi yang saat ini tersedia di RS ini merupakan bantuan dari Bankeu Provinsi Riau tahun 2016 dan juga dari dana APBD Inhil yang dapat untuk mengontrak tenaga dokter spesialis.

"Diharapkan, kedepannya RSUD Raja Musa Sungai Guntung bisa menjadi pusat rujukan di wilayah Indragiri Hilir bagian utara dan masyarakat bisa memafaatkan semua pelayanan yang ada," harapnya. (rtc)

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER