Kanal

Banjir di Jalur Sumbar-Riau, DPRD Prov Minta Disperindag Awasi Harga Sembako

INHILKLIK.COM, PEKANBARU - DPRD Kota Pekanbaru, Riau meminta Dinas Perindustrian dan Perdagangan setempat untuk mengawasi harga bahan pokok dari spekulan yang mengambil kesempatan dari bencana longsor dan banjir di Kabupaten 50 Kota yang telah membuat jalan Sumbar-Riau terputus.

"Saat ini harga sembilan bahan pokok (sembako) terutama untuk harga sayur-mayur mengalami kenaikan diprediksi akibat putusnya jalur lalu lintas Sumbar-Riau," kata anggota Komisi II DPRD Kota Pekanbaru Yurni.

Yurni mengemukakan, dengan pengawasan langsung ke pasar, maka antisipasi adanya pihak-pihak yang memanfaatkan keadaan untuk menaikkan harga bisa dilakukan.

"Disperindag harus rutin melakukan kroscek terhadap harga-harga kebutuhan pokok di lapangan," tuturnya.

Anggota legislator ini mengaku tidak ingin bencana alam menjadi ajang pemanfaatan bagi oknum pedagang untuk mengambil untung tidak wajar. Sehingga memicu kepada inflasi dan mempengaruhi ekonomi daerah.

"Jangan sampai bencana alam tanah longsor yang memutuskan jalur Sumbar-Riau rawan dimanfaatkan oknum-oknum pedagang nakal," tegasnya.

Menurut politisi PAN ini Pemko melalui dinas terkait juga dapat mengambil tindakan secepatnya agar harga-harga komoditi yang berasal dari Sumbar tidak mengalami kenaikan yang lebih lagi dari saat ini. Dengan melakukan berbagai cara selain juga pengawasan, sehingga segera menstabilkan harga-harga di pasaran.

"Mari kita bersama-sama turun kelapangan untuk melakukan pengawasan terhadap harga-harga kebutuhan pokok, agar para pedagang dan masyarakat merasa bahwa adanya peran serta dari pemerintah untuk menekan lonjakan harga disaat perekonomian masyarakat yang sedang sulit ini," ajaknya.(senuju)

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER